Netral English Netral Mandarin
08:59 wib
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menggugat pemerintah Indonesia membayar ganti rugi sebesar Rp56 miliar terkait penggusuran dalam proyek pembangunan Tol Depok-Antasari di Jakarta Selatan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1).
Mensos Ad Interim Apresiasi Wujud Kesetiakawanan Sosial Balai Disabilitas

Minggu, 20-December-2020 18:57

Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendy menyambangi Balai Disabilitas
Foto : Kementerian Sosial
Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendy menyambangi Balai Disabilitas
10

MANADO, NETRALNEWS.COM - Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendy menyambangi Balai Disabilitas "Tumou Tou" Manado usai menghadiri puncak acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2020 di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado.

Mensos mengajak seluruh elemen bangsa untuk menumbuhkan sikap kesetiakawanan sosial, membawa semangat saling berbagi yang dilandasi oleh gotong royong, kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan untuk meningkatkan harkat, martabat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
"Melalui momentum HKSN tahun 2020 ini, saya berharap agar masyarakat lebih peduli dan berbudaya untuk menghadapi permasalahan bangsa," ujarnya Muhadjir, Sabtu (19/12/2020).

Pada HKSN 2020, beberapa Kepala Balai Rehabilitasi Sosial di Wilayah Timur Indonesia ikut memperingati HKSN dengan hadir dan memberikan sejumlah bantuan kepada alumni Penerima Manfaat (PM) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).



Balai tersebut yaitu, Balai Disabilitas "Tumou Tou" Manado, Balai Karya "Wasana Bahagia" Ternate, Balai Disabilitas "Nipotowe" Palu, Balai Disabilitas "Wirajaya" Makassar, Balai Anak "Toddopuli" Makassar, Balai Lansia "Gau Mabaji" Gowa, Loka Karya "Pangurangi" Takalar, Loka Residen "Pangurangi" Takalar, Loka Lansia "Minaula" Kendari dan Loka Disabilitas "Meohai" Kendari.

Secara Simbolis, bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) diserahkan oleh Mensos kepada alumni  PM dan LKS dengan total bantuan Rp. 317,175 juta. Penyerahan bantuan ini dilakukan di Balai Disabilitas "Tumou Tou" Manado usai menghadiri acara puncak HKSN Tahun 2020 di Gedung Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado.

Bantuan diberikan diantaranya berupa alat aksesibilitas untuk eks PM Balai Disabilitas "Tumou Tou" Manado dan alat keterampilan bagi PDSN senilai Rp. 20 juta untuk 20 orang PDSN di LKS Putra Mandiri Gorontalo dan PSBN Barthimeus Manado.

Kemudian Balai Karya "Wasana Bahagia" di Ternate sebesar Rp. 20 juta untuk 20 Orang dengan HIV (ODHIV) di LKS Batamang Plus Manado dan LKS Utat Totabuan Kota Kotamobagu.

Loka Disabilitas "Meohai" di Kendari juga memberikan bantuan berupa alat bantu dengar (ABD) sebesar Rp.30,175 juta untuk 1 LKS Yayasan GMIM DS AZR Wenas SLB Damai Tomohon.

Loka Lansia "Minaula" Kendari menyerahkan bantuan berupa alat bantu aksesbilitas untuk 25 PM sebesar Rp. 50 juta untuk LKS Lanjut Usia Pusaka dan LKS Ina II Manado.

Kemudian, Balai Disabilitas "Nipotowe" di Palu berupa bantuan kewirausahaan berbasis keluarga sebesar Rp. 120 juta utk 60 org binaan LKS YPKE Manado dan 40 orang LKS Putra Mandiri.

Selain itu, Mensos juga menyerahkan bantuan dari Balai Anak "Todoppuli" di Makassar sebesar Rp. 3 juta untuk 10 orang di Panti Asuhan Dorkas Tomohon dan Panti Asuhan Etty Tondano. Bantuan juga diberikan oleh Balai Disabilitas "Wirajaya" di Makassar sebesar Rp. 12,5 juta untuk LKS YPAC Manado.

Bantuan berupa 200 paket APD (masker, vitamin dan hand sanitizer) yang didistribusikan untuk Balai "Tomou Tou" Manado, IPWL Bunga Bakung dan IPWL Kaloran.

Meski peringatan puncak dilakukan ditengah pandemi, namun imbuh Muhadjir, tidak menyurutkan niat kita untuk mengaplikasikan nilai-nilai kesetiakawanan sosial di dalam kehidupan sehari-hari sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati