Netral English Netral Mandarin
14:01wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Mensos Ajak Semua Pihak Tanggulangi Pandemi dengan Gelora Spirit Kemerdekaan

Rabu, 11-Agustus-2021 16:28

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak semua pihak menanggulangi pandemi.
Foto : Humas Kemensos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak semua pihak menanggulangi pandemi.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak semua pihak menanggulangi pandemi dengan menggelorakan spirit kemerdekaan dan gotong royong. Mensos mengajak semua pihak bersinergi baik itu perguruan tinggi, dunia usaha juga pilar-pilar sosial termasuk Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). 

“Kami mendukung sentra vaksin yang menyasar pilar-pilar sosial, mahasiswa dan usia di atas 12 tahun. Juga, mengajak semua pihak menggelorakan spirit kemerdekaan dan gotong royong menjadi bagian tidak terpisahkan dari kerja di bidang sosial," ujar Mensos Risma.

Pernyataan itu disampaikan Mensos Risma saat membuka secara resmi acara vaksinasi yang disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Serimika Br Karo, di Gedung Raden Dewi Sartika di Univeritas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (11/8/2021).

Acara dihadiri oleh Luhur Budijarso Lulu Staf Khusus Menteri Bidang Pemerlu Pelayanan Kessos dan Potensi Sumber Kessos; Rektor UNJ Komaruddin; Ketum IPSM Nasional Hj Giwo Rubiyanto; Rektor Universitas Prof dr Moestopo Rudy Harjanto; Rektor Kalbis Institute - Naik Henokh Parmenas; dan Ketua Ikatan Alumni UNJ  Juri Ardiantoro. 

Lebih lanjut spirit kemerdekaan, gotong royong dan kesetiakawanan sosial diperlukan dalam menanggulangi pandemi, sebab pemerintah tidak bisa bekerja sendirian melainkan perlu berkolaborasi dan bahu membahu agar program pemerintah yakni vaksinasi nasional bisa lebih cepat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah menjelang HUT RI ke-76 tahun, kita bisa saksikan bersama bahwa spirit kemerdekaan dan gotong royong masih ada di tengah-tengah masyarakat, salah satunya dalam kegiatan vaksinasi yang diinisiasi oleh IPSM,” ucap Mensos.

Ketua Umum IPSM Nasional, Giwo Rubianto Wiyogo mengapresiasi kerja keras  panitia dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi sebagai wujud Indonesia tangguh. 

“Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendukung, baik kolaborator maupun sponsor. Kiranya melalui kerjasama yang baik ini dapat mewujudkan Indonesia yang Tangguh, sesuai tema HUT RI ke 76: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, ” ujar Hj Giwo dalam sambutannya.

Kegiatan vaksinasi menargetkan kuota harian sebanyak 700 orang atau 2000 lebih selama tiga hari. Untuk vaksinasi dosis pertama dilaksanakan pada Rabu hingga Jumat (11-13 Agustus), dimana hari pertama bertepatan dengan Hari Libur Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443 Hijriah. 

“Kegiatan sentra vaksinasi IPSM Nasional itu menggandeng beberapa unsur, yakni Ikatan Alumni UNJ, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kalbis Institute, UNJ, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Pita Putih Indonesia," katanya. 

IPSM adalah perkumpulan profesi relawan sosial terlatih dan telah dikukuhkan melalui Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019. IPSM mewadahi warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan dan kemampuan dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial. 

Bidang kesejahteraan sosial diantaranya terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani