Netral English Netral Mandarin
18:25wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Mensos Kucurkan Bantuan Kewirausahaan Sosial Bagi Pelaku Usaha Mikro di Riau

Rabu, 01-September-2021 07:19

Mensos Tri Rismaharini Saat Beri Bantuan Kewirausahaan Sosial pada Pelaku Usaha Mikro di Riau
Foto : Kementerian Sosial
Mensos Tri Rismaharini Saat Beri Bantuan Kewirausahaan Sosial pada Pelaku Usaha Mikro di Riau
16

PEKANBARU, NETRALNEWS.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) terus kembangkan program kewirausahaan sosial yang lebih adaptif guna mempercepat pengentasan kemiskinan. 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Anggota Komisi VIII DPR  Achmad, didampingi Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto beserta Direktur PSPKKM Serimika BR Karo, menyerahkan bantuan bina usaha Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) bagi warga Pekanbaru yang memiliki rintisan usaha mikro.

Bantuan bina usaha ProKUS adaptif dengan nilai total Rp125 juta diberikan kepada 125 pelaku usaha mikro melalui kelompok usaha 'Satu Arah' Kabupaten Bengkalis, Koperasi Tinera Jaya Kabupaten Siak, dan PKK Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru.

Selain itu, diserahkan bantuan kewirausahaan berupa peralatan pendukung dari usaha yang dijalankan dengan total sekitar Rp119 juta bagi Karang Taruna Prov Riau yang memiliki usaha mikro dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Bantuan diberikan kepada Karang Taruna Rejosari, Karang Taruna Pebatuan, Karang Taruna Umban Sari, Karang Taruna Meranti, dan Karang Taruna Rokan Hulu. 

"Untuk seluruh Karang Taruna, yakinlah bahwa Indonesia ini sangat kaya dan kita punya kemampuan. Jadi teman-teman Karang Taruna yang sudah mendapatkan stimulan untuk usaha, teruslah maju. Ketika jatuh teruslah bangun dan bangkit lagi" pesan Mensos Risma kepada Karang Taruna, seperti dalam keterangan tertulis yang Netralnews terima, Rabu (1/9/2021).

Turut hadir dalam pertemuan Gubernur Riau, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Kepala Dinas Sosial Provinsi, perwakilan HIMBARA Provinsi Riau, Para Staf Khusus Menteri Sosial, dan jajaran pejabat Kemensos. 

Mensos Risma juga menjelaskan konsep pemberdayaan sosial melalui Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) yang simple dan terukur. Bagaimana program pemberdayaan bersifat berkelanjutan dan saling terintegrasi dengan program lainnya guna meningkatnya standar kehidupan KPM yang berkelanjutan, melalui pelatihan, pendampingan dan aksesibilitas. 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan potensi dan semangat kewirausahaan para penerima manfaat, serta sebagai bagian dari upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP