Netral English Netral Mandarin
15:54wib
Komut PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengungkap selain menghapus fasilitas kartu kredit bagi direksi, komisaris, dan manajer, juga menghapus fasilitas uang representatif. Terdakwa kasus tes usap palsu RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab, akan membacakan duplik pagi ini di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.
Menteri Kelautan Dukung Penuh Gubernur Kaltara

Senin, 19-April-2021 20:08

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat menerima kunjungan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang
Foto : Istimewa
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat menerima kunjungan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi Plt Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini, Dirjen Perikanan Budidata Slamet Soebjakto, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti, serta Dirjen Pengelolaan Ruang Laut TB Haeru menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Senin (19/4/2021).

Dalam kunjungannya, Gubernur Kaltara memaparkan potensi kelautan dan perikanan yang ada di wilayahnya. Salah satunya komoditas udang windu yang sudah terbukti menjadi primadona di pasar Jepang. Namun, pengelolaan tambak-tambak budidaya belum maksimal karena masih berjalan konvensial tanpa adanya sentuhan teknologi.

"Saya berharap ada dukungan dan bantuan program penguatan dari KKP di sektor perikanan, budidaya udang windu, serta pengembangan rumput laut di Kaltara. Apalagi, Kaltara adalah penghasil rumput laut terbesar di tanah air," ujar Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Menanggapi hal itu, Menteri Trenggono meminta pihak Kaltara juga jeli membaca potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kalimantan Utara. Di antaranya harus memiliki data yang jelas mengenai potensi yang ada, baik di sektor perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

"Data sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan, sehingga program-program yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya," ungkap Trenggono.

Secara prinsip, Menteri Trenggono mendukung pemerintah Kaltara yang sedang berupaya mengelola sektor kelautan dan perikanannya agar lebih produktif. Menteri Trenggono pun meminta jajarannya turun tangan membantu pemerintah daerah.

Dalam waktu dekat, beberapa dirjen di lingkungan KKP untuk melakukan kunjungan kerja ke Kaltara guna menajamkan program-program kelautan dan perikanan unggulan di wilayah tersebut.

"Saya ingin Kaltara bisa mewujudkan keinginan Presiden Jokowi dalam memaksimalkan produk kelautan kita yang bersaing di pasar internasional. Dan saya yakin, Kaltara bisa mewujudkannya," kata Menteri Trenggono.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Kaltara didampingi Asisten Pemerintahan Umum Datuk Iqro Ramadhan, Kadis Perikanan Syarullah Mursalim, dan Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur - Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi

Reporter :
Editor : YC Kurniantoro