Netral English Netral Mandarin
14:44 wib
Sony Pictures mengumumkan tunda perilisan film baru mereka. Film Cinderella yang sedianya dijadwalkan rilis pada 5 Februari 2021 diundur ke 16 Juli 2021. Film Ghostbusters: Afterlife juga diundur. Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati.
Menteri Kesehatan Sepakati Pembangunan RSUP di Kupang

Jumat, 04-December-2020 12:10

Menkes Agus Terawan
Foto : Kemenkes
Menkes Agus Terawan
14

KUPANG, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua DPR Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kupang disepakati Menteri Kesehatan dr Terawan setelah mengetahui dekat dengan sumber air.

Emanuel menceritakan pada Maret 2020 dirinya dan Menkes dr Terawan mengunjungi Kupang dalam kunjungan kerjanya. Mereka meninjau lahan kosong yang baik untuk dibangun rumah sakit.

“Pak Menkes tanya dimana sumber air, setelah mengetahui dekat dengan sumber air pak Menkes langsung menyetujui untuk dibangunkan RS di sana,” kata Emanuel, dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Jumat (4/12/2020).



Mewakili teman-teman komisi IX, Emanuel sampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang memberikan perhatian bagi semua dalam urusan kesehatan.

Menkes dr Terawan membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan apa yang diungkapkan oleh Wakil Ketua DPR  Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena benar adanya.

“Yang saya lihat pertama adalah sumber air begitu ternyata. Ada sumber air yang baik yang bisa memenuhi rumah sakit. Saya langsung bilang setuju karena bagaimanapun tidak akan lepas dari adanya air,” kata Menkes Terawan.

Dia berharap kepada pemerintah daerah agar dukungannya tidak berhenti sampai saat ini.

Pengembangan rumah sakit ini akan berdiri bukan hanya puluhan tahun namun juga ratusan tahun dan akan terus kita perbaiki terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, baik bentuk fisiknya maupun juga peralatannya.

“Peralatan di bidang kesehatan itu terus berubah dan terus maju teknologi nya. Dengan dukungan para tokoh agama yang senantiasa mendoakan saya yakin Rumah Sakit Umum Pusat Provinsi Nusa Tenggara Timur ini akan bisa menjadi pelita di hati masyarakat NTT,” imbuhnya.

Menkes Terawan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur dan kota Kupang beserta jajarannya yang selama ini telah memberikan dukungan dan komitmennya, termasuk disini dalam penyediaan lahan yang potensial dan terbentang luas.

“Sekali lagi kami mohon dukungan pemerintah daerah. Kami percaya bahwa dengan persatuan dan kesatuan dari segala lapisan masyarakat, berbagai latar belakang, berbagai kepercayaan agama, saya percaya rumah sakit umum pusat ini akan betul-betul bermanfaat bagi bangsa dan negara,” katanya.

Menteri Kesehatan dr Terawan lantas melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit umum pusat (RSUP) Kupang atau RSUP Vertikal Kemenkes, Kamis (3/12/2020).

Rumah Sakit Umum Pemerintah Pusat itu akan dibangun di Kelurahan Manulai 2, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi NTT. Pembangunan gedung rumah sakit ini memiliki nilai pekerjaan fisik gedung sebesar Rp. 350,2 miliar.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan prof dr Kadir mengatakan pebangunan fisik RSUP tersebut dilaksanakan secara kontrak dan direncanakan selesai dalam waktu 20 bulan, yaitu mulai sekarang hingga bulan Juli Tahun 2022.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani