Netral English Netral Mandarin
02:46wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Menyoroti Keindahan Batik Tarakan, Penasaran?

Minggu, 20-Juni-2021 11:00

Batik Tarakan keariran lokak Kalimantan Utara.
Foto : Antara
Batik Tarakan keariran lokak Kalimantan Utara.
8

TARAKAN, NETRALNEWS.COM - Batik Tarakan? Tentu bagi sebagian orang masih sangat terdengar asing. Namun, Kalimatan tetap memiliki kearifan lokal seperti batik.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tarakan, Kalimantan Utara mengajak masyarakat Kota Tarakan untuk mencintai dan mengenakan batik lokal dalam berbagai kesempatan.

"Saya mohon bantuan bapak dan ibu, mari kita menggunakan batik Kota Tarakan, sehingga perajin batik Tarakan tidak mati suri," kata Rujiahdalam acara peragaan busana batik Tarakan 2021 dengan tema "Tarakan Cultural Identity".

Diungkapkannya bahwa perajin batik Tarakan mati suri, karena tidak ada pembelinya, walaupun produksinya banyak.

"Sekarang inilah waktunya membuka mata bapak ibu semua, agar tahu batik Tarakan itu seperti apa dan kualitasnya juga tidak memalukan," kata Rujiah, dilansir Antara, Minggu, (20/6/2021).

Sementara itu, pada acara Fimela Manificient 11 batik Tarakan kembali diangkat ke pentas nasional.

"Pada acara Fimela kami mendapatkan 5.000 penonton, Alhamdulillah dengan 5.000 penonton kami kebagian produksi yang lebih banyak," katanya.

Bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM serta sebuah media nasional, Fimela, Batik Tarakan tampil mempesona berkat kreasi perancang ternama  Indonesia Dana Maulana dari Danjyo Hyoji Fashion Designer, pada Jumat (28/5) di Hermitage Hotel Jakarta.

Selain itu,  Dekranasda menyampaikan idenya untuk Pemkot Tarakan terkait pemakaian ikat kepala singal batik Tarakan untuk pegawai di lingkungannya pada hari Kamis.

"Singal ini juga diproduksi oleh Dekranasda untuk peningkatan ekonomi kreatif, kami memasarkan singal untuk PNS yang digunakan PNS," katanya.

Diharapkan pegawai BUMN dan BUMD dapat mengikuti pemakaian singal batik Tarakan seperti di lingkungan Pemkot TarakaTarakan. 

Reporter : Antara
Editor : Sulha Handayani