3
Netral English Netral Mandarin
19:53 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Merasa Difitnah, Tengku Zul: Saya Ini Memang Anak Cina...

Minggu, 14-Februari-2021 15:02

Eks wasekjen MUI Tengku Zulkarnain.
Foto : PA 212
Eks wasekjen MUI Tengku Zulkarnain.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain menegaskan bahwa dirinya memang keturunan Tionghoa. Ia mengaku berdarah Tionghoa dari sang ibu. Sedangkan ayahnya keturunan bangsawan Pagaruyung.

Hal tersebut disampaikan Tengku Zul merespons ulasan dalam sebuah video berjudul "Pancingan Berhasil!! Tengku Zul Keceplosan, Ungkap Jati Dirinya, Ternyata!? " yang diunggah di kanal YouTube News Cinema, Sabtu (13/2/2021).

Dalam video itu, Tengku Zul disebut mengklaim diri sebagai keturunan Cina, padahal sebelumnya ia membantah dan mengaku keturunan dari raja, keturunan bangsawan Pagaruyung.

"Memang aneh tapi nyata, dulu Tengku Zulkarnain dikatain adalah China muallaf tapi Tengku Zul membantah, bahwa dia adalah keturunan dari raja, mengaku keturunan bangsawan, Pagaruyung, tetapi anehnya sekarang ini Tengku Zulkarnain mengklaim bahwa dirinya adalah keturunan Cina, Tionghoa. Ustaz kok kayak gini ya?" bunyi narasi dalam video tersebut.

Tengku Zul menganggap narasi di video yang menyebut seolah dirinya baru mengaku keturunan Cina merupakan sebuah fitnah. Pasalnya, Tengku mengatakan bahwa sudah sejak lama ia menjelaskan mengenai garis keturunannya itu.

"Apa gunanya akun ini? Mau menfitnah saja? Saya ini memang anak Cina dari pihak ibu saya. Sedangkan dari pihak bapak saya, Kakek saya adalah keluarga dari Pagaruyung. Nenek saya dari pihak bapak dari Raja Tamiang Aceh. Yang bilang saya muallaf siapa?," tulis Tengku Zul di akun Twitternya, Sabtu (13/2/2021).

"Ada banyak video saya yang menjelaskan ibu saya memang Cina. Enak saja bilang saya KECEPLOSAN? Dalam Islam haram hukumnya menyembunyikan nasab dan keturunan. Bahkan Sayyidina Ikrimah tetap disebut Ikrimah bin Abu Jahal. Tapi mereka mana mau paham. Apa cari makan dari fitnah?," cuit @ustadtengkuzul.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani