Netral English Netral Mandarin
04:45 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Minder Punya Badan Pendek? Olahraga Ini Bisa Membantu Meninggikan Badan Kamu

Senin, 04-January-2021 18:25

Ilustrasi orang melakukan gerakan pull up.
Foto : musckeandfitness.com
Ilustrasi orang melakukan gerakan pull up.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Minder karena tinggi badanmu tidak ideal? Jangan khawatir, ada cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meninggikan badan loh. Ya, cara itu adalah dengan melakukan olahraga spesifik yang efektif menambah tinggi badanmu.

Namun perlu dicatat, olahraga ini efektif bagi kamu yang masih dalam masa pertumbuhan ya. Netralnews merangkum beberapa olahraga dari berbagai sumber, buat kamu yang ingin menambah tinggi badan.

Basket



Basket adalah olahraga yang paling populer untuk mereka yang ingin meninggikan badan. Perpaduan lari dan melompat secara konstan jadi alasannya. Karena itulah, lempeng pertumbuhan akan mengalami guncangan sehingga darah dapat mengalir ke lempengan tersebut dan membantu merangsang pertumbuhan.

Salah satu gerakan di basket yang melatih tubuhmu untuk meregang adalah slam dunk. Kamu harus berusaha melompat dan meregangkan tubuh dari kaki hingga tangan untuk memasukkan bola ke ring. Saat menyentuh tanah setelah melakukan slam dunk, tubuh akan mengalami kontraksi dan menyebabkan otot serta tulang tumbuh lebih tinggi.

Berenang

Kenapa berenang sangat dianjurkan untuk menambah tinggi badan? Karena berenang dapat membantu membentuk postur tubuh yang baik sekaligus memperkuat tulang tubuh bagian belakang. Saat berenang, otot tubuh akan aktif bergerak dalam air yang membutuhkan usaha lebih besar, karena gerakan yang dilakukan secara horizontal dan melawan gravitasi tersebut, maka dada dan tubuh bagian atas akan meregang dan berkontraksi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang.

Bersepeda

Ini adalah olahraga yang sedang hits di masa new normal. Ternyata, selain efektif sebagai olahraga kardio untuk meningkatkan stamina, bersepeda juga dianggap sebagai olahraga untuk meninggikan badan. Ketika menggerakan sepeda, tubuh bagian bawah bertugas lebih berat. Hal ini memicu peningkatan aliran darah pada otot paha dan lutut sehingga dapat merangsang pertumbuhan. Bersepeda juga dapat mengoptimalkan kinerja paru-paru sebagai pemasok darah agar tubuh mendapatkan oksigen. Karena itulah tubuh bagian atas pun akan semakin kuat dan membantu proses pertumbuhan.

Bola Voli

Kalau kamu sering menyaksikan pertandingan bola voli, satu hal yang sangat jelas terlihat adalah para pemainnya punya postur tinggi badan di atas rata-rata. Karena olahraga ini gerakannya memerlukan lompatan atau loncatan, banyak atlet voli mendapatkan pertumbuhan tinggi yang maksimal. Agar hormon pertumbuhan bekerja dengan maksimal, kamu harus rutin melakukan olahraga voli setidaknya 3 – 4 kali dalam seminggu.

Yoga

Selain olahraga di atas, yoga juga dianggap efektif sebagai olahraga untuk meninggikan badan. Gerakan-gerakan yoga yang sederhana dan dapat ditiru bisa dengan mudah kamu lakukan bahkan di rumah saja tanpa harus pergi ke lapangan atau tempat olahraga khusus. Dalam yoga terdapat gerakan seperti meregangkan dan memanjangkan tubuh. Gerakan-gerakan tersebut dapat memicu pertumbuhan tinggi badan beberapa sentimeter. Contoh gerakan yoga yang dapat meningkatkan tinggi tubuh kamu adalah tree pose, mountain pose, triangle pose, chakrasana, surya namaskar, dan adho mukha svanasana. Selain dapat menambah tinggi badan, gerakan-gerakan tersebut juga dapat memperbaiki postur tubuh kamu, lho!

Lompat Tali

Sebagai salah satu olahraga peninggi badan, lompat tali memiliki manfaat untuk menguatkan tulang kaki dan mengencangkan otot kaki, dan bisa menstimulasi pertambahan tinggi badan kamu. Caranya, kamu bisa melakukan lompat tali kira-kira sebanyak 40 sampai 100 kali putaran dalam sehari. Sebaiknya kamu melakukan gerakan ini secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Pull Up

Olahraga peninggi badan yang satu ini memang terasa berat ketika dilakukan pertama kali. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih terbiasa dengan beban olahraga yang satu ini. Untuk melakukannya, kamu cukup mengangkat atau menahan badan sendiri dengan kedua tangan pada pull up bar yang bisa dipasang di atas pintu kamar.

Dengan melakukan gerakan meninggikan badan ini secara rutin setiap pagi, dijamin badan kamu akan lebih tinggi.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP