Netral English Netral Mandarin
10:19wib
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan pemerintah agar tak mengangkat anggota TNI atau polisi aktif sebagai penjabat gubernur. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan sebanyak 58,1 persen masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
Mirip dengan Masakan Padang, Inilah Hidangan Meksiko yang Kaya Rempah

Senin, 10-Mei-2021 10:30

Masakan Meksiko kaya akan rempah.
Foto : Go Travelly
Masakan Meksiko kaya akan rempah.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Masakan Meksiko merupakan salah satu kuliner paling terkenal di dunia, setelah China dan India. Mirip dengan masakan Padang yang kaya akan rempah, hidangan Meksiko juga penuh dengan bumbu spicy.

Apa keistimewaan makanan Meksiko ini begitu mendunia? Kuncinya terletak pada pemakaian bumbu melimpah, rempah pedas, aroma tajam dan rasa lezat.

Masakan Meksiko telah berkembang sejak abad ke-16. Pada November 2010, UNESCO memasukkan masakan Meksiko pada daftar warisan budaya dunia tak berwujud (intangible cultural heritage).  

Sejarah mencatat masakan Meksiko banyak dipengaruhi negara Spanyol saat menjajah negara ini. Masyarakat asli Meksiko banyak memakai olahan berbahan jagung, sayuran dan kacang-kacangan. Namun perlahan penjajah menambah makanan dari negara mereka seperti:  beras,  daging, anggur, cokelat, jagung, keju, tomat, vanilla, nasi, dan daging. 

Salah satu hidangan campuran ini Quesadilla merupakan tortilla jagung dengan keju, daging lembu, ayam, khinzir, dan lain-lain.

Selain jagung, beras dan biji-bijian merupakan bahan kerap dipakai dalam masakan Meksiko. Penulis makanan Karen Hursh Graber mencatat,  pengenalan Spanyol beras ke Meksiko mulai dilakukan tahun 1520-an. Menurut Karen, upaya Spanyol memperkenalkan beras ke Meksiko ini menjadi salah satu ‘fusi’ makanan terbesar di dunia.

Jenis Makanan Makanan Meksiko berbeda menurut wilayah, perbedaan etnis dan pengaruh penjajah. Bagian utara Meksiko terkenal dengan olahan daging. Contohnya Carne Asada merupakan steak daging sapi tipis. Daging direndam dengan minyak zaitun, bumbu menggosok seperti lemon, merica, garam bawang putih, saus worcestershire, setelah itu dipanggang.  

Bagian tenggara Meksiko, justru memakai sayuran dan ayam dengan rasa pedas. Masakan dari tenggara ini juga dipengaruhi dari Karibia. Karena itu di wilayah ini olahan seafood menjadi terkenal, misalnya saja A la Veracruzana.

Sedangkan hidangan Meksiko Tengah, paling besar dipengaruhi oleh banyak negara dari Afrika, Asia, Eropa, sehingga mempunyai olahan unik, seperti : Pozole, Menudo, Barbacoa dan Carnitas.

Selain itu, ada juga pengaruh Amerika, sehingga menghasilkan variasi masakan diberi nama Tex – Mex (Texas-Mexico).  Masakan Tex-Mex seperti Chimichanga dan Burrito, menjadi jenis hidangan Meksiko populer. Di sebagian besar wilayah Meksiko, tidak biasa untuk memakai  keju. Namun di Meksiko Selatan, umum dijumpai keju pada Tacos, Tostadas, Picadas dan Enchilada.  

Rempah-rempah dalam masakan Meksiko adalah cabai bubuk, oregano, ketumbar, epazote, kayu manis, kakao, chipotle, cabai jalapeno kering. Banyak hidangan Meksiko juga memakai bawang putih,  bawang merah dan madu. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P