Netral English Netral Mandarin
00:45wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Mirip Raja Ampat, Inilah Keindahan Kampung Patin

Senin, 13-September-2021 07:12

Keindahan Kampung Patin.
Foto : Riaueksis
Keindahan Kampung Patin.
13

PEKANBARU, NETRALNEWS.COM - Berbagai atraksi seni dan budaya  depat Anda lihat jika datang ke kawasan wisata di Desa Wisata Koto Mesjid, Kampar , Riau.

Di sini ditampilkan seperti seperti marawis, tari pasombahan, tari losung, dan pecak silat perisai yang diiringi dengan musik tradisional Gobano.

Di kampung ini tidak ada rumah tanpa kolam ikan. Sejarahnya, Kampung Patin ini dulunya salah satu desa yang ditenggelamkan karena dibangunnya PLTA Koto Panjang. Warganya direlokasi ke tempat yang lebih tinggi dan sekarang namanya Koto Mesjid.

Saat ini tersedia 30 homestay di Kampung Patin. Jadi wisatawan tak perlu bingung bila akan bernalam di tempat ini. Sudah disediakan pula pemandu wisata yang memiliki sertifikat, sehingga bisa menjadi pemandu untuk eksplorasi tempat-tempat menarik di Kampung Patin.

Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Kampung Patin juga terdapat banyak suvenir yang dibuat langsung oleh masyarakat sekitar.

Dari 1.831 yang masuk kategori Desa Wisata Indonesia Bangkit, Desa Wisata Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau berhasil menempati posisi 50 besar. 

Bagaimana tidak? Karena desa peraih 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini, juga memiliki daya tarik wisata rumah produksi kriya dari bambu, lidi sawit, rotan dan pandan. Kemudian, objek wisata alam air terjun sungai gagak, lembah aman dan Talau Pusako. 

Selain itu, Desa Wisata Koto Masjid memiliki beragam kuliner dari olahan ikan patin. Di antaranya kerupuk patin, abon patin, bakso patin, siomay patin hingga es dawet patin.

“Hari ini kita melihat Desa Wisata Koto Mesjid sudah menjadi inspirasi, sudah menjadi satu semangat kita semua untuk kebangkitan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat lokal. Desa Wisata Koto Mesjid membuktikkan bahwa dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan suatu desa,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Minggu (12/09/2021). Pada kesempatan tersebut, Menparekraf turut meresmikan Desa Koto Mesjid sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dengan raihan tersebut, sambung Menteri Sandi yang juga merupakan putra kelahiran provinsi Riau ini, merupakan bentuk kebangkitan ekonomi di Indonesia khususnya di Riau. Ia juga berharap agar COVID-19 membuka minat masyarakat untuk mencintai wisata lokal khususnya yang ada di Riau.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati