Netral English Netral Mandarin
22:53wib
Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tonang Dwi Ardyanto menduga bahwa varian Omicron sudah masuk Indonesia. Sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.
Dianggap Mengklaim Batik, Miss World Malaysia Minta Maaf ke Netizen Indonesia

Kamis, 21-Oktober-2021 20:00

Lavanya Sivaji, Miss World asal Malaysia yang sempat mengklaim batik berasal dari negaranya.
Foto : Instagram/lavanyasivaji
Lavanya Sivaji, Miss World asal Malaysia yang sempat mengklaim batik berasal dari negaranya.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Lavanya Sivaji, Miss World asal Malaysia mendadak di-bully oleh netizen Indonesia setelah mengunggah fotonya dalam balutan busana batik dan mengklaim bahwa batik berasal dari negaranya.

Dalam unggahannya Lavanya menuliskan caption bahwa dirinya merasa bangga menggunakan batik yang merupakan lambang dari keberagaman orang-orang Malaysia. 

Kolom komentar dalam unggahan tersebut pun langsung dibanjiri protes dari netizen Indonesia. 

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Lavanya sebelum ia mengganti caption unggahan tersebut. 

Caption yang ditulis Lavanya dianggap sama seperti mengklaim bahwa batik berasal dari Malaysia. Setelah mendapat banyak bully-an dari netizen, Miss World asal negeri Jiran ini akhirnya mengganti keterangan dalam unggahannya tersebut. 

"Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulis Lavanya dalam Bahasa Inggris.

Tak lama kemudian Lavanya menyampaikan permintaan maaf dalam unggahan terbarunya, Kamis (21/10/21). Lavanya mengaku mengetahui Batik secara orisinil berasal dari Jawa, serta rancangan dan sejarahnya. 

"Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini. Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulis wanita berusia 25 tahun itu.

Lebih lanjut, Lavanya mengatakan bahwa tidak sedikit dari negara lain yang ikut mempraktikkan unsur budaya tersebut dan dari manapun asalnya Lavanya akan selalu merasa bangga memakai batik. 

"Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktikkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing. Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," pungkasnya.

Di akhir kalimatnya Lavanya tetap berterima kasih karena sudah diingatkan untuk selalu menghargai akar dari budaya dan tradisi.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua karena telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya, dan tradisi kita. Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah ibu," tulis Lavanya mengakhiri klarifikasinya.

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi