Netral English Netral Mandarin
20:07wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Misteri Serbuk Putih di Bekas Markas FPI Mulai Terkuak, Christ: Semuanya Buat2 karena Kebencian

Rabu, 28-April-2021 11:40

Ilustrasi serbuk putih di bekas markas FPI Petamburan
Foto : Kolase Tempo.co
Ilustrasi serbuk putih di bekas markas FPI Petamburan
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Misteri serbuk putih yang ditemukan Densus 88 di bekas markas FPI Petamburan mulai tersingkap. 

Bahan serbuk putih itu disebut-sebut pihak pengacara Munarman sebagai sisa bahan pembersih toilet masjid. Sementara sebelumnya aparat menduga bahan bom. Mana yang benar?

Di tengah perbedaan pendapat tersebut, tokoh dari papua, Christ Wamea ikut memberikan pendapat. 

“Pembersih WC dibilang bahan peledak. Semuanya buat2 karena kebencian,” kata Christ Wamea, Rabu 28 April 2021.

Untuk diketahui, Kuasa Hukum Munarman, Hariadi Nasution atau Ombat mengatakan temuan cairan Triaseton Triperoksida (TATP) dan bubuk putih sebagai barang bukti yang ditemukan polisi di gedung bekas sekretariat DPP  Front Pembela Islam (FPI) merupakan obat pembersih toilet.

"Itu adalah deterjen dan obat pembersih toilet yang dahulu biasa digunakan untuk program kerja bakti bersih-bersih tempat wudu dan toilet masjid dan musala," kata Ombat seperti dilansir  CNNIndonesia.com.

Ombat juga mengatakan barang bukti berupa buku-buku yang disita di rumah Munarman merupakan koleksi intelektual yang mengisi perpustakaan pribadi Munarman.

Mantan tim pengacara FPI Ichwan Tuankotta juga mengamini barang bukti yang disita polisi itu hanyalah bahan pembersih toilet atau WC. Ia yakin betul dengan hal itu karena sempat berkecimpung aktif dalam kegiatan di bekas markas FPI tersebut.

"Kalau sepengetahuan saya yang pernah aktif di kantor tersebut sebelum ormas FPI di bubarkan, itu cairan adanya di kamar mandi, digunakan untuk pembersih WC," kata Ichwan.

Ichwan mengatakan bahwa cairan tersebut kerap kali digunakan para pengurus dan simpatisan FPI untuk kerja-kerja sosial. Di antaranya digunakan untuk membersihkan toilet-toilet masjid.

Tak hanya itu, Ichwan juga mengatakan bubuk putih yang ditemukan oleh polisi merupakan bubuk deterjen. Ia mengatakan bubuk tersebut untuk digunakan membersihkan kamar mandi.

"Tapi nanti kita lihat saja hasil penyidikan pihak kepolisian," kata Ichwan.

Tim Densus 88 Antiteror Polri menyita beberapa botol berisi TATP usai penggeledahan bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat. Penggeledahan tersebut dilakukan terkait penangkapan Munarman yang pernah menjabat Sekretaris Umum FPI.

Perumahan Modern Hills, Pamulang, Tangerang Selatan. Munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli