Netral English Netral Mandarin
05:32wib
Kontak tembak antara TNI-Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (26/9/2021). Tahun ini peringatan World Lung Day atau Hari Paru Sedunia dirayakan dengan tema 'Care for Your Lungs'.
Misteri Sosok Perempuan Kesepian, Mengincar Mereka yang Berhati Galau

Sabtu, 24-Juli-2021 13:30

Ilustrasi keindahan di Telaga Sunyi,  Banyumas
Foto : Kangen Traveling
Ilustrasi keindahan di Telaga Sunyi, Banyumas
42

PURWOKERTO, NETRALNEWS.COM - Sunyi menyendiri bagi orang yang tak terbiasa bakal memberikan penderitaan tak terperi.  Bahkan, bisa malah muncul pikiran-pikiran negatif.

Apalagi bila orang tersebut sedang dirundung masalah dan putus asa. Bisa-bisa dorongan menyakitkan melahirkan niat bunuh diri. 

Mungkin itu pula yang membuat sebagian orang takut dengan kesunyian. 

Ada juga yang berpendapat, dalam kesunyian, seseorang rentan diganggu oleh kekuatan supranatural. Seseorang bisa mudah dirasuki roh-roh gaib ketika jiwa tak “penuh” dan sedang dalam situasi sunyi di hati.

Namun, bagi sebagian orang, justru kesunyian yang dicari. Justru lokasi sunyi dan dipadu dalam pesona alam yang indah malah melahirkan inspirasi. 

Nah, kalian yang hobi dengan kesunyian, bisa mendatangi objek wisata dengan nama Telaga Sunyi  yang berada kurang lebih 16 kilometer dari Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah. 

Objek wisata ini sebenarnya  gabungan dari curug kecil, danau, dan sungai. Selain menyajikan panorama alam yang syahdu, tentu sesuai namanya, menghadirkan suasana sepi.

Namun sebelum lebih jauh, jangan lupa, tentang kisah misteri dan mitos warga setempat yang sebaiknya diketahui dan diperhatikan. Tak ada salahnya diikuti sebabm, bila larangan dilanggar dan benar terjadi ada kecelakaan, maka Anda sendiri yang bakal rugi. 

Dalam kepercayaan warga setempat, di lokasi ini terdapat  makhluk tak kasat mata atau roh halus penunggu telaga.

“Ada yang menyebutnya siluman, hantu wanita, yang kadang berubah wujud dalam bentuk buaya dan manusia,” kata warga setempat yang bernama Hidayat kepada  Netralnews, beberapa waktu silam. 

Menurut warga, keberadaanya sering mengganggu dan bisa menyebabkan pengunjung terperosok ke Telaga. Saat itu, pusaran air telaga bisa menyedotnya. Maka bisa fatal akibatnya.

Uniknya, konon menurut warga, yang sering difanggu adalah mereka yang sedang galau hati, dilanda perceraian, atau pasangan sejoli yang sedang dimabuk asmara. 

“Bila tak ingin diganggu perempuan penunggu Telaga, syaratnya sederhana. Sebelum sampai telaga, sebaiknya buang pikiran-pikiran jahat, pikiran negatif. Dengan hati yang bersih, insyaallah aman dan baik-baik saja,” sambung Hidayat. 

Dalam hal ini, ia juga mengingatkan agar semua orang yang berwisata ke Telaga dilarang mengumpat atau berkata kotor. Sebab di saat itu, akan mengusik roh halus penunggu  telaga.

Netralnews sempat menanyakan apakah asal usul Telaga Sunyi ada kaitannya dengan sosok perempuan yang bunuh diri? Namun Hidayat enggan menjawabnya. 

“Wah maaf, soal itu, di luar wewenang saya,” katanya. 

Terlepas benar tidaknya kepercayaan warga setempat, namun yang pasti Telaga Sunyi yang berada  di lereng Gunung Ciremai ini semakin ramai pengunjung. 

Di luar masa Pandemi, hampir setiap hari ada wisatawan untuk menikmati indahnya telaga. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P