Netral English Netral Mandarin
03:55wib
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Sejumlah jaringan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di berbagai daerah menyoroti kasus-kasus dugaan kriminalisasi petani jelang Hari Tani Nasional.
Mobil Mendekam di Rumah Karena Pandemi, Ini yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Rusak

Rabu, 05-Mei-2021 23:20

Ilustrasi mengganti oli atau pelumas mobil.
Foto : Istimewa
Ilustrasi mengganti oli atau pelumas mobil.
25

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang memilih untuk berdiam di rumah. Akibatnya, bagi keluarga yang memiliki kendaraan roda empat, banyak yang mobilnya lama tidak terpakai. 

Meski tak terpakai, mobil tetap membutuhkan perawatan, termasuk mengganti oli mesin. Prinsipnya, oli mesin mobil atau motor punya masa pakai. Jadi meski kilometernya tidak bertambah, namun jika sudah memasuki masa tenggat, Oli harus diganti. Informasi ini yang jarang diketahui pemilik atau pengguna mobil atau motor

Berikut ini tips merawat mesin mobil yang lama tidak terpakai seperti dilansir dari berbagai sumber. Pertama, ketahui  masa pakai oli mesin. Jika masa pakai sudah terlewat, cepatlah ganti oli. Tanpa penggantian oli, mesin mobil bisa bermasalah ketika mobil dinyalakan.

Yang kedua adalah selalu melakukan perawatan rutin. Pemilik mobil dapat mencegah kerusakan mobil dengan memanaskan mesin mobil 3 hari sekali. Ini untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin.

Mobil yang terlalu lama berhenti akibat pandemi Covid-19 berpotensi membuat oli mesin mobil atau motor mengendap dan menjadi sludge (lumpur oli). 

Tips selanjutnya, rutin mengecek performa mesin. Pengecekan sederhana dengan melihat kekentalan dan kuantitas oli mesin mobil dari dipstick oli. 

Jika oli mesin mobil sudah menjadi sludge (lumpur) atau bahkan seperti gel, maka harus diganti oli baru. Jika oli sudah mengental, perlu dilakukan engine flush dengan cairan engine flush chemical.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP