Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:51wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Mobil SUV Bisa Irit BBM Jika Dikemudikan dengan Cara Seperti Berikut Ini

Jumat, 30-April-2021 19:21

Mobil SUV.
Foto : cnet.com
Mobil SUV.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mobil SUV dengan bobot dan dimensi yang besar ternyata bisa efisien dalam menggunakan bahan bakar, asal digunakan dengan benar.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya menggunakan mobil jenis SUV agar bahan bakar dapat diirit, dan petunjuk yang dikutip dari auto2000.co.id ini bisa langsung Anda coba. Yuk langsung simak di bawah ini.

Pastikan tekanan angin ban ideal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan keempat ban mobil dalam kondisi tekanan angin ideal. Jika ada yang kurang angin maka segera tambahkan.

Berkendara dengan ban yang kurang angin tentu dipastikan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Hal tersebut karena bidang gesek atau tapak permukaan ban jadi lebih besar, butuh tenaga ekstra untuk memutarnya.

Jangan gas mendadak

Baik mobil SUV bertransmisi matic maupun manual, jika kerap menginjak pedal gas mendadak maka konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros. Hal ini menjadi kunci terutama saat diperkotaan yang identik dengan stop and go.

Menjalankan mobil dengan akselerasi yang lembut baik pada mobil bertransmisi matik ataupun manual akan memberikan SUV irit dengan kontribusi penghematan yang cukup siginifikan.

Hindari rem mendadak

Sama halnya dengan gas mendadak, kebiasaan mengerem mendadak juga dapat membuat konsumsi bahan bakar cenderung boros. Kenapa demikian? Sebab setelah rem, maka pengemudi kerap membutuhkan tenaga yang telah drop secara instan.

Maka tak jarang menekan pedal gas dalam-dalam dilakukan untuk mendapatkan lagi tenaga tersebut. Alhasil konsumsi bahan bakar jadi tidak efisien. Dengan melaju dalam kecepatan kosntan, beri jarak aman dengan kendaraan di depan dan selalu sigap dapat mengurangi kebiasaan rem mendadak.

Hindari beban berlebih

Jika ada barang bawaan, terutama ukuran besar, ada di kabin maka dapat menjadi beban total sebuah mobil. Maka sebaiknya turunkan benda tersebut jika tidak diperlukan.

Bisa dikatakan secara teori, setiap beban dengan bobot 100 kg akan menyebabkan pemangkasan konsumsi bahan bakar hingga 3%. Maka dari itu, isi kabin SUV Anda penumpang dan barang sesuai dengan kapasitasnya.

Atur suhu AC ideal di kabin.

AC yang menggunakan sumber energi dari putaran mesin tentu menjadi salah satu penyumbang beban. Sederhananya, jika AC tidak aktif maka konsumsi bensin pun bisa irit.

Namun tentu sangat tidak nyaman berkendara di negara tropis tanpa AC. Maka dari itu, sebisa mungkin atur suhu AC ideal di kabin. Gunakan AC seperlunya.

Rajin servis berkala.

Akan sangat percuma jika gaya mengemudi sudah sesuai anjuran dalam mengejar kehematan bahan bakar namun kondisi mesin tidak fit. Dapur pacu yang jarang diganti oli, tidak terawat dan semacamnya mustahil bisa menciptakan kehematan bahan bakar yang ideal. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli