Netral English Netral Mandarin
21:03wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Moderna Termasuk Vaksin COVID-19 Terbaik, Jika Rasakan Nyeri Usai Disuntik Redakan dengan Paracetamol

Minggu, 08-Agustus-2021 23:00

Vaksin Moderna.
Foto : nelis.af.mil
Vaksin Moderna.
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tenaga kesehatan akan menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga yaitu vaksin Moderna. Ada beberapa kiat yang perlu dilakukan jika ternyata penerimanya merasakan efek samping setelah divaksin.

Untuk meredakan gejala seperti demam, Pihak Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan Anda banyak minum dan tidak mengenakan pakaian terlalu tebal.

Sementara untuk nyeri, Anda bisa melakukan kompres dingin atau menggerakkan lengan yang nyeri.

Bila nyeri tak tertahankan, Anda bisa meminum obat seperti Paracetamol. Tetapi bila masih bisa ditahan, sebaiknya Anda tahan karena obat-obatan anti-inflamasi bisa mempengaruhi respon imun.

Praktisi kesehatan sekaligus relawan COVID-19 dari Universitas Gadjah Mada, dr Muhamad Fajri Adda'i mengatakan, sebagai salah satu vaksin COVID-19 terbaik (efikasi 94,1 persen), Moderna juga memicu respon tubuh yang cukup kuat sekaligus antibodi tertinggi dibanding vaksin lain.

Ia mengatakan, bila ada kecurigaan sesak napas, dada berdebar-debar, nyeri dada sebaiknya konsultasikan ini pada dokter jantung agar Anda segera mendapatkan penanganan.

Selain itu, setelah menerima vaksin ini lakukan pola hidup sehat, seperti istirahat cukup dan konsumsi makanan serta minuman yang bergizi seimbang, tidak begadang hingga beberapa minggu ke depan, tidak merokok, meminum minuman beralkohol.

Ia juga mengingatkan, pembentukan imunitas optimal membutuhkan waktu hingga satu bulan usai vaksinasi dosis pertama Moderna, walau ini bervariasi masing-masing individu. Oleh karena itu, terapkanlah pola hidup sehat minimal selama itu baik pada dewasa muda maupun lansia. 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP