3
Netral English Netral Mandarin
05:27 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Mualaf Waloni Malah Permalukan Islam? DS: Saudaraku yang Kristen, Bisakah Kami Retur?

Rabu, 17-Februari-2021 11:20

Ustaz Yahya Waloni
Foto : Twitter/Denny Siregar
Ustaz Yahya Waloni
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mungkin karena geram, pegiat media sosial Denny Siregar  mencuit soal Ustaz Yahya Waloni,   Mualaf yang sering bikin pernyataan kontroversial dan tak sedikit yang menganggap malah memalukan Islam.

"Maaf saudaraku yang Kristen.. Kalau ada yang dulu dari kalian, trus sekarang masuk agama kami dan ternyata cacat mental, bisakah kami retur?" kata Denny, Rabu (17/2/21). 

"Kalau bisa, nanti saya kasih bintang 5," imbuhnya.

Seperti diketahui, Sosok Ustaz Yahya Waloni dikenal kontroversi. Ustaz Yahya Waloni seorang mualaf. Dulu, Ustaz Yahya Waloni orang Kristen. Kini Ustaz Yahya Waloni dijuluki Ustaz pansos.

Saat masih beragama Kristen, Ustaz Yahya Waloni dikenal sebagai penceramah yang biasanya bertopik pada kristenisasi dan misionaris.

Ustaz Yahya Waloni sebelumnya terdaftar sebagai pendeta pada Badan Pengelola Am Sinode GKI di Tanah Papua, Wilayah VI Sorong-Kaimana.

Ceramahnya terkenal frontal dan blak-blakan. Kerap kontroversial dengan topik utamanya misionaris dan kristenisasi.

Dijuluki Ustaz Pansos

Ustaz Yahya Waloni mendapat julukan sebagai Ustaz Pansos (Panjat Sosial) dari Denny Siregar karena gemar mengangkat teori tentang agamanya dulu sebagai 'jualan' supaya pamornya meningkat di mata umat Islam. Padahal, apapun yang dikatakannya belum tentu memiliki dasar yang dapat dipertanggung jawabkan.

Membicarakan profil Ustaz Yahya Waloni berarti perlu dimulai dari kelahirannya. Ustaz Yahya diberi nama Yahya Yopie Waloni, lahir di Kota Manado 30 November 1970. Dia lahir di tengah-tengah keluarga Minahasa yang taat pada agama Kristen.

Larang orang miskin masuk Islam

Ustaz Yahya Waloni larang orang miskin masuk Islam. Ustaz Yahya Waloni larang otak tumpul masuk islam.

Hal itu disampaikan dalam ceramah Ustaz Yahya Waloni baru-baru. Ceramah Ustaz Yahya Waloni ini mendapatkan perhatian dari banyak kalangan, karena dinilai kontroversial.

Ustaz Yahya Waloni membagikan pengalamannya saat menjadi seorang mualaf.

Dia pun menyampaikan pesan kepada orang-orang yang hendak masuk Islam. Kata Ustaz Yahya Waloni, bagi orang yang hendak masuk Islam atau mualaf, jangan sekali-kali mencoba apabila tidak memiliki harta.

"Saya bilang ke jamaah agar selalu kritis. Kalau mau coba-coba masuk Islam, jangan masuk Islam kalau otak tumpul dan hidupnya miskin," kata Ustaz Yahya Waloni dikutip Suarabogor.id, Selasa (16/2/2021).

Melalui saluran YouTube Termometer Indonesia pada 9 Februari 2021. Ustadz Yahya Waloni menyebut bahwa Islam bukan agama sebagai pelarian orang-orang yang tidak pintar dan miskin.

Tak hanya itu, beberapa ceramahnya yang lain mendapatkan perhatian, seperti Akui Sengaja Tabrak Anjing.

Ustaz Yahya Waloni dalam satu ceramahnya mengakui pernah dengan sengaja menabrak seekor anjing. Hal itu terungkap dalam video yang diunggah kanal Youtube Hadist TV, Sabtu (13/2/2021).

Awalnya Ustaz Yahya Waloni menceritakan tatkala dirinya berkunjung ke Jambi. Saat itu dia melintasi sebuah perbatasan wilayah saat hendak berdakwah.

Ustaz Yahya mengatakan, banyak sekali lapo yang menawarkan makanan dan minuman tidak halal. Kemudian, Ustaz Yahya bercerita bahwa dirinya pernah menabrak seekor anjing hingga kakinya pincang.

"Kutabrak juga seekor anjing, enggak tahu punya siapa. Dia lari pincang kakinya. Kalau kambing masih saya rem, tapi kulihat anjing, najis, kutembak satu yang paling depan," tuturnya dinukil.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto