Netral English Netral Mandarin
19:58wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Muannas Sentil Tengku Zul: Apa Hubungan Toa Dengan Islam?

Senin, 26-April-2021 17:55

Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidin
Foto : Istimewa
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidin
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid merasa heran dengan pendapat mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnaen yang mengaitkan kritik terhadap penggunaan toa masjid untuk membangunkan sahur sebagai upaya menolak Islam.

"Apa hubungan toa dengan Islam? masa tujuan adanya agama isinya cuma itu?, dirayu sorga diancam neraka dan sekarang ‘nakutin’ hanya soal toa?" tulis Muannas di akun Twitternya, seperti dilihat netralnews.com, Senin (26/4/2021).

Seperti diketahui, polemik cara membangunkan sahur menggunakan toa masjid berawal dari unggahan artis Zaskia Adya Mecca di akun Instagram pribadinya.

Zaskia mengunggah sebuah video yang memperdengarkan teriakan membangunkan sahur melalui toa masjid dekat tempat tinggalnya.

Dalam caption video itu, Zaskia mempertanyakan etis tidaknya  membangunkan sahur dengan cara  demikian, mengingat Indonesia adalah negara heterogen atau beragam agama sehingga ada masyarakat yang tidak menjalankan sahur.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca, Kamis (22/4/2021).

Kritik Zaskia itu menuai pro kontra di ranah publik. Menyikapi hal itu, mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain menyebut bahwa ada pihak yang mulanya menolak cadar, jenggot, celana cingkrang, dan sekarang menolak membangunkan sahur pakai toa masjid.

"Mula mula mereka menolak cadar, jenggot, celana cingkrang dll. Berbau Arab, bukan tradisi Islam Nusantara.Sekarang menolak Toa Mesjid dan membangunkan sahur cara tradisional Islam di Jawa. Hemm," tulis Tengku Zul di akun Twitternya, Minggu (25/4/2021).

Tengku lantas menantang pihak-pihak yang menolak itu untuk berani blak-blakan menyatakan bahwa mereka menolak Islam.

"Kalau berani bilang saja terus terang "kami menolak Islam". Biar jelas dan terang," cuit @ustadtengkuzul. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P