Netral English Netral Mandarin
11:44wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Mudik Tak Dilarang, Mardani: Kebijakan Ceroboh, Lihat India, Sudah Vaksinasi Meledak Lagi

Sabtu, 20-Maret-2021 19:33

Mardani Ali Sera
Foto : Fajar.co
Mardani Ali Sera
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardai Ali Sera menyatakan bahwa kebijakan Pemerintah yang tak melarang mudik merupakan kebijakan cerobah. Pasalnya, akan sangat membahayakan penularan Covid-19. Mardani juga mencontohkan negara India.  

“Kbjkn yg ceroboh. Lihat India yg sdh menjalankan vaksinasi skg angkanya 'meledak' lg. Trlbh jmlh vaksinasi di kt pun msh. Pak Menhub scr personal jg sdh merasakan beratnya Covid, mestinya bersikap menjaga agar kebijakannya menjauhkan rakyat dr penyakit ini,” kata Mardani melalui akun Twitternya, Sabtu (20/3/21).

"Pandemi ini penyakit kerumunan. Dengan disiplin yang belum kuat dan klaster keluarga kian tinggi, kebijakan melonggarkan bisa berbahaya," kata dia.

Ia juga menambahkan mMenurutnya, Budi Karya sudah merasakan imbasnya Covid-19 dan seharusnya lebih memperketat kebijakannya.

"Pak Menhub secara personal pun sudah merasakan beratnya Covid-19, mestinya bersikap menjaga agar kebijakannya menjauhkan rakyat dari penyakit ini," ujarnya. seperti dinukil Akurat.co.

Sebagaimana diketahui, Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemerintah tidak mengeluarkan larangan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman pada lebaran 2021 ini.

Hal ini juga telah disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3).

"Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik)," katanya.

Pemerintah tetap akan membuat mekanisme protokol kesehatan bersama Gugus Tugas COVID-19. Terkait hal tersebut, Menhub juga turut menentukan sejumlah persyaratan untuk mudik lebaran 2021.

Selama melakukan mudik, masyarakat juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak satu sama lain, serta melakukan disinfektasi. Penerapan tersebut juga akan diberlakukan sejak keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di tempat kedatangan.

Pada mudik lebaran 2021 ini, pemerintah tetap memantau transportasi yang digunakan masyarakat. Selain melakukan sistem pembatasan penumpang, jadwal layanan juga akan diatur sesuai dengan persyaratan yang ada.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto