Netral English Netral Mandarin
00:19wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
MUI Sebut Yahya Waloni Tak Pantas Dikategorikan Sebagai Ustaz, Eko Kuntadhi Malah Bilang Begini

Senin, 30-Agustus-2021 10:29

Penceramah Yahya Waloni (YW)
Foto : Istimewa
Penceramah Yahya Waloni (YW)
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis angkat bicara soal dugaan penistaan agama yang dilakukan penceramah  Yahya Waloni. Menurut Cholil  Waloni tidak bisa dikategorikan sebagai ustaz lantaran ilmunya terbilang masih kurang.

Hal itu dikatakan Cholil pada program Apa Kabar Indonesia Malam yang tayang di tvOne, label ‘ustaz’ seharusnya tak diberikan ke sembarang orang.

Bahkan, kata dia, di Timur Tengah status tersebut hanya diberikan kepada penceramah yang telah menyelami ilmu agama secara akademik.

"Ini gampangnya saja orang disebut ustaz. Kalau di Timur tengah, ustaznya sekelas profesor. Di sini, orang sering ke masjid lalu jadi takmir masjid, sudah jadi ustaz. Jadi, ya men-downgrade lah, memperendah istilah ustaz itu sendiri," kata Cholil, Minggu (29/08/2021) seperti yang dikutip dari suara.

Terkait hal itu pegiat media sosial Eko Kuntadhi pun ikut mengomentari pernyataan Ketua MUI tersebut membenarkannya.

"Emang....," tulis Eko di akun Twitternya

Cuitan Eko direspon berbagai komentar oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Senin (30/8/2021).

@HusnulK31311117: Kenapa ngeBacotnya MUI setelah si WALONTE ini ditangkap kan TAEK...

@Rysha_Nabill: Wkwkwkw MUI kemana ajaa

@Dyananjani89: Tolong tanyain @MUIPusat Kalo Sugik itu ustad apa bukan?Trs yg namanya Ust itu yg sprt apa?Kira2 Perlu Sertifikasi Ust ?Barang mati spt kulkas,kuas cat,makanan kucing aja dipakein Sertifikasi halal / haramMasa iyaa ust / kiai nggak

@AlkhuroelA: @MajelisUlamaID udah ditangkap orangnya baru bicara kya gini.. Kemarin² kemana

@Edysantosa84: Mangkanya perlu diterbitkan sertifikat kpd para penceramah agama. Bukan hanya kulkas,sepatu yg perlu bersertifikasi

@yusufnovanto: NASIB YAHYA WALONI SAMA KAYAK TERORIS YANG TIDAK DIAKUI MUI. DASAR APES

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli