Netral English Netral Mandarin
12:02wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Mulai Bergeser ke Kendaraan Listrik, VW Target Luncurkan Satu Mobil Listrik per Tahun

Minggu, 07-Maret-2021 19:25

VW Bergerser produksi mobil bertenaga listrik.
Foto : Volkswagen
VW Bergerser produksi mobil bertenaga listrik.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Volkswagen semakin menunjukkan ambisinya menjadi produsen kendaraan listrik terdepan di Eropa. Pabrikan otomotif asal Jerman itu bahkan berani mencanangkan target meluncurkan 1 mobil listrik per tahun.

Dilansir Autocar, Minggu, bos VW Ralf Brandstätter berjanji bahwa lebih dari 70 persen mobilnya yang dijual di Eropa akan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2030. Ini adalah dua kali lipat dari target VW sebelumnya.

Perusahaan pun telah berkomitmen untuk meluncurkan tiga kendaraan listrik tahun ini yaitu ID 4 GTX, SUV ID 5 bergaya coupé, dan SUV besar ID 6 khusus China yang akan diumumkan pada akhir tahun. Versi produksi ID Buzz akan tiba pada tahun 2022, diikuti oleh real "Aero B" - sebelumnya dengan konsep ID Vizzion.

VW sebelumnya telah berjanji bahwa 35 persen dari penjualan merek Volkswagen di Eropa akan menjadi kendaraan full-electric pada akhir dekade ini, tetapi Brandstätter mengatakan sudah waktunya untuk meningkatkan target tersebut.

Di bawah strategi Accelerate, Volkswagen juga telah berjanji bahwa lebih dari 50 persen penjualannya di AS dan China akan sepenuhnya menggunakan listrik pada tahun 2030, dan Brandstätter mengatakan perusahaan juga akan berinvestasi besar-besaran dalam mengembangkan perangkat lunak dan teknologi digitalnya - termasuk sistem mengemudi otonom.

"Industri otomotif berubah dengan cepat. Kami akan mengubah Volkswagen secara fundamental di tahun-tahun mendatang. Kami bermaksud untuk mempertahankan kepemimpinan pasar kami pada posisi yang jelas: Volkswagen akan menjadi merek paling menarik untuk mobilitas berkelanjutan," ujar Brandstätter.

Brandstatter juga berjanji bahwa mobil listrik kecil yang telah lama dinantikan, kemungkinan disebut ID 1, akan tiba pada tahun 2025, dua tahun lebih lambat dari yang direncanakan semula. Mobil andalan baru "Project Trinity" - mobil listrik berdasarkan platform baru yang canggih, akan dirilis pada tahun 2026.

Dengan tingkat pengambilan kendaraan listrik yang cenderung bervariasi di berbagai wilayah di seluruh dunia, Brandstätter menambahkan bahwa perusahaan tidak akan sepenuhnya beralih dari model bermesin pembakaran.

"Kami masih membutuhkan mobil bermesin pembakaran untuk sementara waktu, tetapi mereka harus seperti itu, seefisien mungkin, terutama melalui penggunaan teknologi hibrida plug-in," katanya.

Bagian penting dari rencana Accelerate adalah investasi besar dan komitmen untuk mengembangkan perangkat lunak, sistem yang terhubung, dan teknologi otonom.

"Kalau Anda yakin dengan mobil listrik saja kita sudah sampai di masa depan, sudah salah. Kuncinya adalah digitalisasi. Mobil sekarang merupakan produk yang digerakkan oleh perangkat lunak, seperti perangkat internet. Mobil akan menjadi lebih cerdas dan lebih aman. Elektrifikasi baru permulaan, gangguan sebenarnya akan datang," kata Brandstätter.

Brandstätter mengatakan VW bertujuan untuk memastikan mengemudi otonom akan dapat dialami oleh banyak orang pada tahun 2030. Dia menambahkan, teknologi ini tidak boleh menjadi hak istimewa segelintir orang.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani