Netral English Netral Mandarin
10:47 wib
Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1). Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021.
Mulai Diminati, Motor Listrik Punya Potensi Berkembang di Indonesia

Jumat, 27-November-2020 09:48

Motor Listrik.
Foto : Antara Foto
Motor Listrik.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto mengatakan bahwa sepeda motor dengan tenaga listrik memiliki kecenderungan untuk masuk lebih cepat di pasar Indonesia, dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

"Sepeda motor listrik sudah ada 15 perusahaan (data Kemenperin) artinya paling realistis sepeda motor," ungkap Riyanto pada video conference, Kamis (26/11/2020).

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah memiliki roadmap untuk memulai memproduksi baterai di Indonesia dengan target pada 2023 terdapat 40 persen kandungan lokal.



"Sekarang kan targetnya sampai 2023, 40 persen harus kandungan lokal dan harus ada produksi di Indonesia, sehingga ada nilai tambah untuk komponen Indonesia" kata dia.

Riyanto menambahkan bahwa, kendaraan-kendaraan listrik yang sudah banyak beredar di Indonesia ini harus juga adanya dorongan dari mitra seperti perusahaan ojek online, dan juga taksi untuk segera mengkonversi kendaraan mereka.

"Nah paling tidak ini akan memasok kendaraan ke government fleet dan yang jumlahnya cukup banyak terutama untuk sepeda motor," ucap dia.

"Kalau untuk motor, produsennya sudah banyak ada Viar, Gesit dan sebagainya. Sebenarnya, sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan juga perlu adanya didorong dari perusahaan ojek online seperti Gojek, Grab, Taksi Bluebird dan taksi yang lain. kalau bisa armadanya dikonversi segera," tambah dia.

Reporter : widi
Editor :