3
Netral English Netral Mandarin
01:41 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Ngeri! Mumi 'Lidah Emas' Berusia 2000 Tahun Ditemukan di Mesir

Rabu, 03-Februari-2021 16:17

Mumi berusi 2000 tahun dengan 'lidah emas'
Foto : Pressfrim
Mumi berusi 2000 tahun dengan 'lidah emas'
0

MESIR, NETRALNEWS.COM - Arkeolog di Mesir menemukan mumi berusia 2.000 tahun di kota Alexandria, dengan jimat foil emas berbentuk lidah di mulut mereka, kata Kementerian Purbakala negara itu pada Selasa (02/02) malam.

Mumi yang diawetkan dengan buruk, yang berasal dari zaman Yunani dan Romawi, ditemukan di 16 lubang pemakaman batu di kuil Taposiris Magna Alexandria.

Jimat foil emas dalam bentuk lidah mewakili ritual yang dirancang untuk memungkinkan orang mati berbicara di hadapan pengadilan dewa Osiris di akhirat. Menurut kepercayaan Mesir kuno, Osiris adalah penguasa dunia bawah di akhirat.

Baca Juga :

Sudah menjadi kebiasaan di Mesir kuno, bahkan di bawah pemerintahan Yunani dan Romawi, untuk menguburkan orang mati dengan barang-barang yang dianggap dapat melengkapi dan mempersiapkan mereka untuk perjalanan setelah kematian.

Ini termasuk makanan, anggur, bangunan kecil berbentuk perahu dan perhiasan.

"Gambar Osiris juga muncul dalam dekorasi berlapis emas pada bahan yang membungkus satu mumi yang ditemukan di poros penguburan, sementara bahan yang melilit kepala mumi lainnya menggambarkan mahkota, tanduk, dan ular," kata arkeolog Kathleen Martinez dari Universitas Santo Domingo, yang terlibat dalam penggalianpenggalian, dikutip dari thenationalnews

Arkeolog Mesir membuat serangkaian penemuan arkeologi yang menakjubkan dalam beberapa bulan terakhir, sebagian besar di Saqqara, sebuah kompleks piramida, makam, dan kuil yang luas di gurun barat Kairo.

Di antara penemuan itu ada pula lusinan sarkofagus kayu tertutup yang berusia sekitar 2.500 tahun.

Mesir berharap penemuan arkeologi dan perhatian media yang mengelilinginya akan memacu pariwisata, sektor yang hancur akibat kekacauan bertahun-tahun sejak pemberontakan pada 2011 dan yang lebih baru oleh pandemi virus corona.

Para ahli percaya perhatian media yang intens dari penemuan-penemuan tersebut membantu membuat Mesir tetap diingat oleh pengunjung potensial ketika waktu yang lebih baik kembali.

Mesir adalah tujuan wisata utama pada 2019 dan menjadi awal yang menjanjikan pada 2020 sebelum pandemi melanda. 

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria