Netral English Netral Mandarin
09:12 wib
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menggugat pemerintah Indonesia membayar ganti rugi sebesar Rp56 miliar terkait penggusuran dalam proyek pembangunan Tol Depok-Antasari di Jakarta Selatan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1).
Munarman Sebut Enam Anggota FPI Diculik Terus Dibantai, DS Anggap Institusi Polri Dilecehkan

Rabu, 09-December-2020 10:10

Munarman
Foto : FPI
Munarman
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Polisi dari Polda Metro Jaya menembak mati 6 orang pendukung Rizieq Shihab di Tol Cikampek Kilometer 50. Polisi mengklaim penembakan itu karena mereka dinilai telah melawan petugas.

Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyebut aksi itu adalah bentuk pembantaian yang jelas-jelas telah melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

Terkait pernyataan Munarman, pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar angkat bicara. Menurutnya sejak peristiwa penembakan terjadi, Munarman terus mengatakan enam anggota FPI diculik terus dibantai.



Dirinya pun memperingatkan kepolisian atas pernyataan Munarman yang dianggap melecehkan institusi kepolisian.

"Munarman ini dari kemarin narasinya 6 anggota FPl itu diculik, trus dibantai. Apa @DivHumas_Polri diam saja melihat orang ini nyerocos melecehkan institusi ?" kata Denny dalam akun Twitternya, @Dennysiregar7.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 10 orang simpatisan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyerang polisi Senin (7/12/2020) dini hari.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran menyebut kalau mereka adalah laskar khusus.

"Jadi, dari hasil penyelidikan awal, kelompok yang menyerang diidentifikasi sebagai laskar khusus," kata Fadil di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Kata Fadil, laskar khusus ini adalah mereka yang selama ini menghalang-halangi proses penyidikan yang dilakukan polisi, dalam kasus kerumunan massa simpatisan Habib Rizieq di acara pernikahan putrinya. Namun, Fadil tidak merinci penghalang-halangan yang dimaksud.

Sementara dari kubu FPI, enam yang menjadi korban adalah rombongan mengawal Imam Besar mereka, Rizieq Shihab. FPI menyatakan Rizieq dalam perjalanan menuju lokasi pengajian subuh keluarga.

Mereka juga menyatakan dugaan bahwa kelompok yang menghadang itu diduga kuat bagian dari operasi penguntitan dan untuk mencelakakan Rizieq.

Mereka pun dalam rilisnya menyatakan bahwa 6 orang anggota itu kemudian hilang diculik. FPI pun kemudian menyatakan menyembunyikan keberadaan Rizieq pasca kejadian tersebut.

"Karena semalam jelas ada upaya penembakan terhadap rombongan beliau dan sampai saat ini masih 6 orang laskar yang hilang diculik," kata mereka.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani