Netral English Netral Mandarin
03:05wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Muncul Desakan agar Peserta Bukber yang Dihadiri Wagub DKI dan Stafsus Jokowi Ditangkap, Netizen: Jarkoni

Senin, 10-Mei-2021 09:18

Wagub DKI
Foto : Antara Foto
Wagub DKI
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Banyak warganet geram dengan ulah pejabat yang tak konsisten dengan aturan yang sudah ditetapkan, salah satunya terkait larangan acara buka bersama (bukber).

Dalam hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan staf khusus presiden Billy Mambrasar, menjadi salah satu sasaran kekesalan netizen. 

Pasalnya kedua pejabat tersebut seharusnya memberi contoh kepada masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan tapi malam menghadiri acara bukber.

Hal ini salah satunya tercermin di akun FB Mak Lambe Turah, Senin 10 Mei 2021. 

MLT: “Morning gaisss. Memasuki hari2 terakhir, selamat menjalankan ibadah puasa. Yang mau bukber jangan pada kumpul2. Kalo gak kumpul2 bukan bukber dong.”

Achmad Widodo: “Jarkoni.”

Ahmad Jambari: “Wong nduwe kuasa bebass.”

Sebelumnya, desakan keras juga disampaikan oleh Koordinator Mahasiswa Perantauan Jawa Timur di Jakarta Ahmad Doni. 

Ia mengecam acara buka puasa bersama yang digelar Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kegiatan tersebut bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang tengah membatasi berbagai bentuk keramaian dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Ironisnya lagi, acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan staf khusus presiden Billy Mambrasar, dua pejabat yang seharusnya memberi contoh kepada masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan.

“Aturan dilarang buka puasa bersama hanya berlaku untuk rakyat, tidak untuk pejabat. Buktinya buka puasa bersama yang diadakan Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) tidak dibubarkan oleh Satgas Covid-19 DKI Jakarta. Apa karena ada wagub.” Ujar Doni kepada media, Jum’at (8/5/2021).

Doni melanjutkan, kegiatan buka bersama pejabat negara yang diberitakan sejumlah media tersebut sangat melukai perasaan masyarakat.

Pasalnya sejak aturan dilarang buka puasa bersama selama Ramadhan banyak masyarakat yang harus menunda bahkan membatalkan agenda buka puasa bersama yang lazim diadakan masyarakat selama ini.

“Ada banyak kelompok masyarakat yang terpaksa membatalkan agenda buka puasa bersama demi mengikuti aturan pemerintah. Bukan hanya masyarakat, kabarnya dunia usaha seperti Hotel dan Restoran juga dilarang mengadakan atau menawarkan paket buka puasa bersama kepada masyarakat,” kata Doni yang terlihat menahan geram.

Doni mengaku makin geram setelah melihat foto-foto kegiatan buka bersama yang beredar di media sosial. Pasalnya, dalam foto-foto itu terlihat banyak peserta acara tidak mengenakan masker.

“Kami meminta Polda Metro Jaya segera memproses hukum semua mereka yang terlibat buka puasa bersama di Pulau Dua kemarin. Termasuk pajabat negaranya, karena tidak memberikan contoh kepada masyarakat. Tangkap mereka,” pungkas Doni dinukil JPNN.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P