Netral English Netral Mandarin
20:37wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Mundur dari Wakil Ketua DPR, Golkar Bakal Ganti Posisi Azis Syamsuddin

Minggu, 26-September-2021 09:20

Azis Syamsuddin
Foto : Istimewa
Azis Syamsuddin
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ditetapkan tersangka dan telah ditahan, Azis Syamsuddin mundur dari jabatan Wakil Ketua DPR. Surat pengunduran diri pun telah disampaikan kepada DPP Partai Golkar.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar, Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir saat konferensi pers di Fraksi Golkar DPR, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Adies mengatakan, terkait pengganti Azis di DPR akan dilakukan dalam waktu dekat, dan kata dia, partainya menghormati semua proses hukum yang saat ini dijalankan oleh KPK, serta menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Meski begitu, Adies juga mengatakan bahwa Partai Golkar menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah terhadap Azis Syamsuddin.

"Di mana setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut atau dihadapkan di depan pengadilan wajib dianggap tidak bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap," jelasnya.

KPK menetapkan Azis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah, dan ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Selatan sejak Sabtu (25/9/2021) malam.

Kronologi kasusnya, menurut Ketua KPK Firli Bahuri; Azis menghubungi penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju pada Agustus 2020 untuk meminta tolong “mengurus” kasus yang menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya, yaitu Aliza Gunado.

Stepanus Robin sudah diberhentikan KPK setelah berstatus tersangka, dan berkas perkaranya telah dilimpahkan ke pengadilan oleh jaksa.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP