Netral English Netral Mandarin
16:59wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Musni Sebut Taliban Berprinsip Islam, Lindungi yang Lemah, Ferdinand: Gak Ada yang Bawa Beliau ke Dokter?

Sabtu, 21-Agustus-2021 21:00

Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH)
Foto : Istimewa
Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH)
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyindir sosiolog Musni Umar yang membela Taliban dengan menyebut kelompok militan di Afganistan itu memegang prinsip-prinsip Islam, yakni melindungi yang lemah dan kaum perempuan.

"Ngga ada yang bawa beliau (Musni) ini ke dokter?" tulis Ferdinand di akun Twitternya, @FerdinandHaean3, Jumat (20/8/2021).

Sebelumnya, Musni Umar mengatakan bahwa Taliban akan menjamin dan melindungi hak-hak warganya dan warga negara asing, serta hak-hak kaum perempuan setelah mereka berkuasa di Afghanistan.

"Taliban sudah memastikan dan menjamin bahwa hak-hak warga negara asing, warga negara Afghanistan, laki-laki dan perempuan itu akan dijamin, akan dilindungi," kata Musni dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya, seperti dilihat netralnews.com, Jumat (20/8/2021).

Karenanya, Musni berpendapat bahwa pemberitaan media tentang kekerasan dan penindasan yang dilakukan kelompok Taliban di Afghanistan, terutama terhadap kaum perempuan, merupakan berita hoaks untuk mempengaruhi opini dunia bahwa Taliban itu jahat.

"Berbagai pemberitaan yang sangat negatif selama ini untuk mempengaruhi opini dunia bahwa 'Taliban itu jahat, Taliban itu pembegal wanita, kemudian mengambil alih anak-anak perempuan untuk mereka dikawini' dan sebagainya itu kelihatannya adalah berita yang hoaks untuk menjelekkan Taliban," ujarnya.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) itu menilai Taliban tidak seperti yang diberitakan media karena kelompok militan yang mengambil alih Afghanistan itu memegang prinsip-prinsip Islam.

"Taliban tentu memegang prinsip-prinsip Islam. Prinsip Islam itu melindungi orang- orang yang lemah, melindungi wanita. Kan yang harus dilindungi itu jiwanya, kemudian akalnya, kemudian harta bendanya, dan kehormatannya. Itu prinsip-prinsip dalam Islam yang memang harus ditegakkan dan harus diamalkan Taliban," jelas Musni. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati