Netral English Netral Mandarin
03:02wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Musni Umar: Taliban Memegang Prinsip-Prinsip Islam, Melindungi yang Lemah

Jumat, 20-Agustus-2021 08:35

Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus Sosiolog Musni Umar
Foto : Twitter
Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus Sosiolog Musni Umar
42

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sosiolog Musni Umar mengatakan, Taliban telah memastikan untuk menjamin dan melindungi hak-hak warga negara Afghanistan dan warga negara asing, serta hak-hak kaum perempuan.

"Taliban sudah memastikan dan menjamin bahwa hak-hak warga negara asing, warga negara Afghanistan, laki-laki dan perempuan itu akan dijamin, akan dilindungi," kata Musni dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya, seperti dilihat netralnews.com, Jumat (20/8/2021).

Karenanya, Musni berpendapat bahwa pemberitaan media tentang kekejaman dan penindasan yang dilakukan kelompok Taliban di Afghanistan, terutama terhadap kaum perempuan, merupakan berita hoaks untuk mempengaruhi opini dunia bahwa Taliban itu jahat.

"Berbagai pemberitaan yang sangat negatif selama ini untuk mempengaruhi opini dunia bahwa 'Taliban itu jahat, Taliban itu pembegal wanita, kemudian mengambil alih anak-anak perempuan untuk mereka dikawini' dan sebagainya itu kelihatannya adalah berita yang hoaks untuk menjelekkan Taliban," ujarnya.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) itu menilai Taliban tidak seperti yang diberitakan karena kelompok militan yang mengambil alih kekuasaan di Afghanistan itu memegang prinsip-prinsip Islam.

"Taliban tentu memegang prinsip-prinsip Islam. Prinsip Islam itu melindungi orang- orang yang lemah, melindungi wanita. Kan yang harus dilindungi itu jiwanya, kemudian akalnya, kemudian harta bendanya, dan kehormatannya. Itu prinsip-prinsip dalam Islam yang memang harus ditegakkan dan harus diamalkan Taliban," jelas Musni.

Seperti diberitakan, kelompok Taliban menguasai negara Afghanistan, usai memegang wilayah ibu kota Kabul, serta menduduki istana kepresidenan pada Minggu (15/8/2021).

Setelah berhasil mengambil alih Afghanistan, Taliban menggelar konferensi pers pertama pada Selasa (17/8/2021). Dalam konferensi pers itu, Taliban menjanjikan sejumlah hal.

Pertama, Taliban memperbolehkan laki-laki dan perempuan di Afghanistan bersekolah. Kedua, menjunjung tinggi hak perempuan di Afghanistan termasuk mengizinkan perempuan untuk bekerja.

Ketiga, Taliban berjanji tak akan berselisih dengan negara lain. Keempat, Taliban berkomitmen menjaga delegasi asing di Afghanistan. Kelima, mendukung pembelajaran islam, modern dan pendidikan tinggi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli