Netral English Netral Mandarin
11:20wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Nagita Slavina Dipilih Jadi Duta PON XX, VK: Proyek Penjajah, Bikin di Papua Dutanya Tetap Orang Jakarta

Sabtu, 29-Mei-2021 19:25

Logo PON XX
Foto : Istimewa
Logo PON XX
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Aktivis Hak Asasi Manusia Veronica Koman mengkritik pemerintah Indonesia dengan ditunjuknya duta Pekan Olahraga Nasional (PON) Nagita Slavina.

Pasalnya, Pon XX nanti bakal diadakan di Papua. Veronika menyebut sebagai proyek penjajah, apalagi dengan ditunjuknya orang Jakarta yang mewakili wilayah tuan rumah.

"Beginilah proyek penjajah. Heboh bikin PON di Papua, tapi dutanya tetep orang Jakarta. Kek ga ada manusia di Papua. Gunakan budaya dan tanahnya, tembak mati dan tangkap orang-orangnya. Nagita Slavina tidak cantik ketika sedang mengapropriasi budaya Papua," tulisnya seperti dilansir akun resmi twitternya di Jakarta, Sabtu (29/5/2021).

Veronica juga menyebut kalau Nagita tak cantik dalam mengapropriasi budaya Papua. Artinya, perbuatan mengambil atau menggunakan sesuatu dari sebuah budaya yang bukan milik sendiri, terutama tanpa menunjukkan bahwa (pelakunya) memahami atau menghargai budaya tersebut.

Sebelumnya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina resmi didapuk menjadi duta PON XX yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021. Kabar tersebut diumumkan Raffi Ahmad dalam video terbaru di kanal YouTube-nya Rans Entertainment.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim PON XX Papua 2021, saya dan Nagita menjadi ikonnya, kita dipercaya untuk bisa menyosialisasikan PON XX Papua 2021 ini di mata Indonesia dan di mata internasional," ujar Raffi saat menyambut kedatangan Ketua II PB PON XX Papua 2021 Roy Letlora dan pesepakbola asli Papua Boaz Solossa dalam videonya. Seperti dikutip okezone.com

Dalam kesempatan itu, Roy Letlora ternyata membawa hadiah spesial untuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina atas terpilihnya mereka sebagai duta PON XX Papua. Hadiah tersebut ternyata satu set outfit yang nantinya mereka kenakan saat acara berlangsung.

Tidak mau berlama-lama, Raffi dan Nagita pun langsung mengajak Boaz Solossa untuk melakukan photoshoot di sebuah studio di dekat kediaman mereka.

Ada beberapa outfit yang dikenakan dalam sesi pemotretan tersebut. Untuk Raffi, ia tampil edgy mengenakan satu set kemeja dan celana tenun khas Papua.

Busana itu kemudian diberi sentuhan modern dengan pemakaian belt dari Gucci dan sneakers putih dari Alexander McQueen.

Tidak mau kalah dengan sang suami tercinta, Nagita Slavina juga terlihat cantik mengenakan outer tenun Papua berwarna hitam, dipadukan dengan gaun plisket berwarna biru tua.

Sementara pada sesi foto selanjutnya, wanita yang akrab disapa Mama Gigi itu tampil bergaya smart casual memadukan outer tenun berwarna hijau dan celana model high waist dengan motif garis-garis.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati