• News

  • Bola

Soal Sanksi PSSI, BOPI: Pemerintah Jangan Gegabah!


JAKARTA, NETRALNEWS - Ketua Umum (Ketum) Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Mayjen (Pur), Noor Amman, meminta pemerintah untuk jangan gegabah mencabut pembekuan PSSI. Sebabnya, banyak aspek yang harus dijadikan pertimbangan.

"Artinya, kalau benar pembekuan itu akan dicabut, harus ada klarifikasi terlebih dahulu dari pemerintah. Bahwa, tidak benar pemerintah (melalui BOPI) melakukan intervensi seperti yang tertuang dalam surat sanksi FIFA tertanggal 30 Mei 2015,” kata Noor Amman melalui rilis kepada NetralNews.com, Kamis (25/2/2016).

Noor Amman melanjutkan, jika sanksi kepada PSSI dicabut pemerintah, maka harus ada jaminan bahwa FIFA selaku otoritas tertinggi sepakbola dunia, juga akan mencabut sanksi kepada Indonesia.

“Selain itu, juga harus ada jaminan terlebih dahulu, bahwa sanksi FIFA benar-benar akan dicabut dan reformasi tata kelola sepakbola Indonesia benar-benar akan berjalan sesuai yang dicita-citakan,” tambah Noor Amman.

Menurut Noor Amman, reformasi tata kelola sepakbola nasional tidak boleh berhenti di tengah jalan karena kepentingan politik dan kelompok orang yang selama ini “hidup” dalam carut marutnya sepakbola nasional.

“Kita sudah disanksi FIFA atas permintaan PSSI. Lalu, pembekuan PSSI oleh pemerintah harus dicabut begitu saja? Di mana esensi reformasinya bila tak ada gambaran tata kelola sepak bola Indonesia masa depan. Karena itu, pemerintah jangan gegabah dan rentan dengan tekanan. Keputusan yang diambil harus bermartabat. Reformasi harus dituntaskan,” tandas Noor Amman.