• News

  • Bola

Ini Noda Hitam dalam Sejarah Barcelona

Lionel Messi
AS
Lionel Messi

BARCELONA, NETRALNEWS.COM – Segudang prestasi telah ditorehkan Barcelona. Mulai trofi domestik sampai dunia menghiasi ruang piala di Estadio Camp Nou. Soal ketajaman di depan gawang lawan, sudah tidak ada yang meragukan lagi.

Hingga saat ini trio MSN (Messi, Suarez, Neymar) masih menjadi pencetak gol terbanyak di antara para penyerang klub lainnya. Sejauh ini trisula Barca menghasilkan 106 gol di seluruh kompetisi. Mengungguli jumlah gol secara kolektif dua tim subur Eropa lainnya, Real Madrid (105 gol) dan Borussia Dortmund (103 gol).

Namun, Barca tidak selalu dihubungkan dengan rekor bagus. Soal tendangan penalti, Blaugrana malahan memiliki catatan buruk. Azulgrana malahan menjadi menjadi tim pertama sepanjang sejarah La Liga yang delapan kali gagal mengeksekusi penalti dalam satu musim.

Kesempatan kedelapan yang gagal itu terjadi melalui sepakan penalti Lionel Messi ketika Barca menang 6-0 atas Getafe dini hari tadi. Kiper Getafe, Vicente Guita sukses menghalau tendangan Messi dengan baik.

Padahal, jumlah penalti yang didapatkan Barcelona di La Liga musim ini merupakan jumlah kedua terbanyak sepanjang sejarah kompetisi Spanyol itu. Dengan total 15 penalti yang didapatkan, catatan itu menjadi jumlah penalti terbanyak dalam satu musim di bawah Real Betis dengan 16 penalti pada musim 1986/87.

Selain itu, gagalnya penalti Messi juga membuat pemain berusia 28 tahun itu menjadi pemain yang paling sering gagal mencetak gol dari titik putih sebagai penggawa Barcelona. Sudah delapan kali La Pulga gagal menyarangkan gol ke gawang lawan lewat titik putih melewati rekor sebelumnya Samuel Eto'o yang gagal sebanyak tujuh kali.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : ME Gunawan
Sumber : Berbagai Sumber