• News

  • Bola

Ini Strategi Ancelotti Matikan Messi

Carlo Ancelotti dan strategi anti-Messi
Carlo Ancelotti dan strategi anti-Messi

BEIJING, NETRALNEWS.COM – Mantan manajer Chelsea dan pelatih Real Madrid plus PSG, Carlo Ancelotti, menyodorkan kiat atau strategi khusus yang layak untuk diadopsi setiap tim yang akan berhadapan dengan Lionel Messi dan Barcelona.

Di sepanjang musim ini, performa Los Azulgrana dan trisula maut andalan Luis Enrique, MSN (Messi, Suarez, dan Neymar), terbilang luar biasa. Dari 84 gol yang sejauh ini dihasilkan Barcelona di kancah La Liga, 64 gol atau 80 persen lebih disumbangkan trio MSN.

Meskipun produktivitas Messi baik gol maupun assist masih di bawah Suarez, publik meyakini kehadiran La Pulga di lapangan hijau menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap lawan.

Nah, menyoal Messi, Ancelotti mempunyai resep jitu. Strategi tersebut dilontarkan Ancelotti dalam presentasinya di Sina Sports, media olahraga utama di China.

“Cara terbaik untuk membatasi pergerakan Messi, membutuhkan kerja keras yang luar biasa dari seluruh pemain. Anda dituntut untuk meminimalisir jarak antara lini per lini dengan tujuan menghindarkan Messi menerima bola. Untuk itu, tim butuh kesatuan dan konsentrasi penuh. Anda tidak dapat melakukan kesalahan sekecil apapun!” tegas Ancelotti.

Di mata Ancelotti, strategi man to man marking untuk mematikan Messi tidak akan berjalan dengan sempurna. Namun, Ancelotti menggarisbawahi dominasi tiki-taka yang selama ini diusung Barcelona justru bisa menjadi peluang bagi tim lawan untuk “membunuh” Messi.

“Sangat penting menempatkan banyak pemain di lini tengah dengan tujuan menghancurkan pola permainan lini tengah Barca. Jika itu terealisasi, otomatis kemungkinan Messi mendapatkan bola dapat direduksi. Kami paham benar Messi seringkali bergerak dari posisi sayap ke tengah. Sebab, di depan kotak penalti itulah Messi merasa nyaman menggunakan senjata mautnya, sepakan kaki kirinya yang luar biasa,” tambah Carletto, julukan Ancelotti.

Meski demikian, di akhir presentasi, Ancelotti mengakui jika dalam kondisi yang sempurna, seorang Messi tidak dapat dihentikan. “Talenta yang dimiliki Messi membuat pemain lawan gagal melakukan antisipasi kemana ia akan bergerak. Saat itu terjadi, tidak ada cara untuk mematikannya,” puji Ancelotti.

Editor : ME Gunawan
Sumber : Gazzetta

Apa Reaksi Anda?