• News

  • Bola

Kekayaan Messi Mengalir dari Lapangan Hijau hingga Pariwisata

Lionel Messi.
Sky Sports
Lionel Messi.

LONDON, NETRALNEWS.COM - Lionel Messi diumumkan sebagai atlet paling tajir di dunia dengan maraup uang nyaris Rp 2 triliun.

Menurut Forbes, Messi total menghasilkan uang sebesar USD 127 juta (Rp 1,8 triliun), yang dihitung pada 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019. Forbes merinci pendapatan atlet dari gaji, hadiah uang, bonus, dan iklan-iklan tanpa menghitung pajak, bayaran untuk agen, dan pendapatan hasil investasi.

Hasilnya ,dalam kurun waktu tersebut, penyerang Barcelona itu ada di posisi puncak,mengungguli dua pesepakbola lainnya: Cristiano Ronaldo (USD 109 juta), dan Neymar (USD 105 juta), yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Nah, bagaimana rincian pendapatan Messi hingga mampu mengumpulkan uang sebegitu banyaknya? Menurut rincian dari Forbes, sebanyak USD 92 juta (Rp 1,31 triliun) didapatkan pemain terbaik dunia lima kali itu dari gaji dan hadiah uang. Sedangkan USD 35 juta (Rp 498 miliar) dihasilkan Messi dari berbagai endorsement.

Ada banya merek-merek top yang bekerja sama dengan Messi seperti Gatorade, Huawei, Mastercard, Pepsi, dan kontrak seumur hidup dengan Adidas.

Yang paling bikin ngiler adalah gaji Messi di Barca. Berdasarkan kontrak yang sudah disepakati hingga 2021, Barcelona membayar Messi lebih dari USD 80 juta per tahunnya (Rp 1,1 triliun) atau sekitar 91,6 miliar per bulannya.

Tak hanya dari lapangan hijau dan endorsment, Messi ternyata juga meraup pundi pundi uangnya dari sektor pariwisata. Sebuah taman rekreasi bertema Messi telah dibangun di Nanjing, Tiongkok dan akan dibuka pada 2020.

Namun, kekayaan tidak membuat Messi lupa akan kondisi sosial di sekitarnya. Ia tercatat menjadi duta UNICEF dan mendirikan Leo Messi Fundation sejak tahun 2010. Misinya adalah untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian