• News

  • Bola

Bawa Liverpool Juara Piala Super Eropa, Klopp Cetak Sejarah Baru

Manajer Liverpool,Juergen Klopp merayakan kemenangan timnya memenangi Piala Super Eropa 2019.
Standart
Manajer Liverpool,Juergen Klopp merayakan kemenangan timnya memenangi Piala Super Eropa 2019.

ISTANBUL, NETRALNEWS.COM – Kesuksesan Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019 membuat Juergen Klopp ikut mencatatkan sejarah baru. Klopp tercatat sebagai pelatih asal Jerman pertama yang mampu meraih trofi ini.

Sebelumnya, beberapa koleganya gagal merebut Piala Super Eropa karena kalah dari lawan-lawannya. Dimulai dari Dettmar Cramer. Ia adalah pelatih asal Jerman pertama yang tampil di Piala Super Eropa. Kala itu dia membesut Bayern Munich, namun gagal memenanginya di tahun 1975 (kalah dari Dynamo Kiev) dan 1976 (kalah dari Anderlecht).

Udo Lattek sempat mencoba peruntungannya untuk meraih trofi ini. Namun,  Barcelona besutannya di tahun 1982 kalah dari Aston Villa.

Pelatih ketiga adalah Otto Rehhagel. Ia mampu membawa Werder Bremen tampil di Piala Super Eropa pada 1992. Namun lagi-lagi harus gagal karena ditaklukkan Barcelona.

Terakhir, ada Ottmar Hitzfeld. Pelatih asal Jerman yang saat itu membesut Bayern Munich, klub paling top di Jerman. Meski begitu, Bayern tetap keok dari Liverpool pada 2001.

Sampai saat Klopp datang ke Istanbul membawa Liverpool menghadapi Chelsea di Piala Super Eropa 2019. Liverpool mengalahkan Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dinihari WIB, lewat adu penalti dengan skor 5-4. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 2-2 sampai perpanjangan waktu.

Klopp pun mencatatkan sejarah manis sebagai pelatih pertama asal Jerman yang mampu mengangkat trofi Piala Super Eropa. Bravo Klopp!

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian