• News

  • Bola

Tak Ada Messi, Barca Seperti Macan Ompong

Pemain andalan Barcelona, Lionel Messi.
twitter @fcbarcelona
Pemain andalan Barcelona, Lionel Messi.

BILBAO, NETRALNEWS.COM - Barcelona tanpa Lionel Messi seperti mancan ompong. Ungkapan itu ada benarnya karena Sabtu (17/8/2019) dini hari tadi di San Memes, mereka keok di tangan Athletic Bilbao saat tak diperkuat Messi.

Absennya Messi membuat lini serang Los Cules tak bertaring, sulit untuk membobol gawang lawan. Wajar saja karena El Messiah musim lalu memang mesin gol utama mereka. Messi membuat 51 gol dan 22 assist dari total 50 penampilan di seluruh kompetisi. Torehan itu termasuk 36 gol di liga yang membuatnya jadi top skorer LaLiga.

Di Liga Champions, penyerang asal Argentina itu juga jadi yang paling subur se antero Eropa. Ia membukukan total 12 gol hingga babak semifinal. Semua catatan itu jadi bukti sahih betapa pentingnya Messi untuk Barcelona.

Tanpa Messi, Barcelona tak punya kreatifitas dalam menyerang. Padahal mereka masih memiliki sederet penyerang top seperti Luis Suarez, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, dan bahkan Philippe Coutinho.

Memang tak semua laga tanpa Messi berakhir dengan kekalahan. Dari 10 pertandingan musim lalu tanpa si nomor 10, Barcelona masih bisa meraih empat kemenangan, tiga seri, dan tiga kekalahan. Bahkan salah satu kemenangan itu adalah dengan skor 5-1 atas Real Madrid di bulan Oktober ketika Messi tengah memulihkan diri dari cedera patah tangan.

Tapi, jika melihat statistik laga pada paruh kedua musim, maka Messi jelas terlihat jadi arwah permainan klub asal Katalan tersebut.

Dari tujuh laga terakhirnya di seluruh kompetisi tanpa Messi, Barcelona cuma sekali menang, sungguh memprihatinkan. Itu termasuk hasil buruk di pekan pembuka La Liga ketika kalah 0-1 dari Athletic Bilbao dini hari tadi.

Turun dengan trisula Griezmann, Suarez, dan Dembele, Barca kesulitan menembus pertahanan rapat Bilbao. Menurut catatan Opta, dari total 11 percobaan, Cuma dua yang mengarah ke gawang.

Penampilan trisula Barca dini hari tadi sangat buruk. Griezmann punya tiga percobaan tapi tak satupun yang tepat sasaran, Suarez cuma satu peluang, dan yang paling buruk adalah Dembele. Winger asal Prancis itu bahkan tak satupun melepaskan tembakan selama 90 menit bermain!

Messi sampai saat ini masih memulihkan diri daricedera betis. Fans Barca pasti berharap kapten mereka bisa pulih dan bermain dalam waktu dekat. Jika tidak, bukan mustahil, Barca menelan hasil kurang maksimal lagi.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan.H.P