• News

  • Bola

Stadion Sultan Agung Dipersiapkan untuk Piala Dunia U20

Stadion Sultan Agung dipersiapkan untuk Piala Dunia U20.
AyoYogya
Stadion Sultan Agung dipersiapkan untuk Piala Dunia U20.

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Stadion Sultan Agung di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah dipersiapkan sebagai venue pendukung pelaksanaan Piala Dunia U-20 pada 2021 menyusul kesiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pada kompetensi sepak bola dunia itu.

"Kalau untuk persiapan itu Stadion Sultan Agung sudah kita siapkan, sebenarnya kita ini juga sudah membenahi ruang ganti, juga kursi-kursi," kata Pengelola Stadion Sultan Agung Bantul Bagus Nur Hendi Wijaya.

Menurut dia, pembenahan terhadap fasilitas utama stadion seperti kursi penonton dan kursi satu per satu termasuk toilet sudah dilakukan, dan sampai saat ini sebagian masih proses perbaikan.

"Dari kursi panjang, satu-satu termasuk toilet-toilet sudah kita perbaiki, proses perbaikan sekarang, tadi Pak Ketum (Ketum PSSI Mochamad Iriawan) juga sudah lihat ruang ganti kita (stadion)," jelas Bagus, Sabtu (8/2/2020).

Dia juga mengklaim bahwa fasilitas dan sarana di stadion yang pernah digunakan sebagai arena pertandingan pada Liga 1 2018 saat ini sudah mendekati standar organisasi sepak bola dunia atau FIFA, sehingga siap dan layak untuk mendukung Piala Dunia 2021.

Bagus juga mengatakan, ketika Stadion mendapat kunjungan dari pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pihaknya mengharapkan agar didukung untuk melakukan pengecatan kembali semua bagian.

"Iya (sesuai standar FIFA) dan air hangat juga sudah ada. Kalau kapasitas tempat duduk sekitar 22 ribu orang. Dan kemarin waktu ditinjau dari Kemenpora dan Kementerian PUPR pusat kita minta untuk dicat stadion ini untuk pengecatan semuanya," katanya.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan pada Sabtu ini mengunjungi ada enam lokasi baik lapangan maupun stadion di wilayah Yogyakarta yang diproyeksikan sebagai calon venue utama maupun pendukung 'training field' negara peserta Piala Dunia, mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi olahraga bergengsi tersebut.

Enam calon venue itu adalah Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, kemudian Lapangan Kenari Umbulharjo, Stadion Universitas Gadjah Mada (UNY), Stadion Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM), Lapangan bola Yogyakarta Independent School (YIS) di Sleman dan Stadion Sultan Agung Bantul.

"Kami akan mengkomunikasikan terkait perbaikan-perbaikan apa yang harus dilakukan di stadion utama maupun stadion-stadion pendukung lainnya. Yang di sini tinggal sedikit, kalau memang jadi harus ada perbaikan kamar mandi, kursi, ruang ganti pakaian dan mungkin lampu perlu ditambahkan," kata Ketum PSSI di Stadion Sultan Agung Bantul, dilansir Antara.

Editor : Sulha Handayani