• News

  • Bola

Timnas Belanda Bujuk Bintang Muda Madrid

Marco Asensio
Marco Asensio

MADRID, NETRALNEWS.COM – Bintang muda Real Madrid, Marco Asensio, mendapat bujukan untuk memperkuat Timnas Belanda. Secara hukum, Asensio memang masih dimungkinkan untuk meninggalkan Timnas Spanyol setelah menjalani debutnya di laga persahabatan melawan Bosnia-Herzegovina, 29 Mei lalu.

Asensio menjadi salah satu pemain muda yang diperbincangkan di Spanyol saat ini. Setelah tampil memukau di ajang pramusim, Asensio yang baru berusia 20 tahun berhasil menembus tim inti Los Blancos dengan menyingkirkan dua pemain yang lebih senior: James Rodriguez dan Isco.

Mantan pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque sempat memujinya sebagai “talenta terbaik di Spanyol saat ini”. Pun demikian halnya dengan arsitek La Furia Roja yang baru, Julen Lopetegui, yang memanggilnya ke dalam skuat timnas yang akan menjalani partai perdana kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi tim lemah Liechtenstein di Leon, Senin (5/9/2016) besok.

Namun, Lopetegui harus dapat memastikan masa depan Asensio bersama Spanyol. Sebabnya, Belanda sejak setahun yang lalu telah berupaya menarik Asensio ke dalam Oranje. Hal ini disebabkan Asensio masih berdarah Belanda dari ibunya.

Pada Oktober 2015, sejumlah fans Belanda lewat jejaring Twitter mencoba membujuk Asensio untuk bergabung ke dalam tim Oranje. Asensio pun mengakui adanya kontak dengan kubu Belanda.

“Meski demikian, niat saya adalah tetap bersama Spanyol. Memang, keluarga saya di Belanda meminta saya untuk membela timnas mereka,” ujar Asensio.

Karenanya, untuk mengakhiri spekulasi dan menutup pintu bagi Oranje, pelatih Lopetegui ada baiknya menimbang untuk memainkan Asensio di laga lawan Liectenstein. Dengan tampil bersama timnas senior Spanyol di laga kompetitif, sesuai dengan aturan, Asensio tidak dimungkinkan untuk menyeberang dan bergabung dengan timnas Belanda di masa mendatang.

Editor : ME Gunawan
Sumber : AS