• News

  • Bola

Mantan Wapres FIFA Akui Lakukan Korupsi


BROKLYN, NETRALNEWS.COM – Pengakuan mengejutkan diungkapkan mantan Wakil Presiden FIFA, Alfredo Hawit. Mantan sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Amerika (Concacaf) mengaku bersalah atas dugaan korupsi dan pemerasan yang dilakukan oleh dirinya dan sejumlah pejabat teras federasi sepak bola dunia itu.

Pernyataan itu diutarakan saat menjalani sidang federal Amerika Serikat di Broklyn, Senin (12/4) waktu setempat. Hawit sebelumnya ikut ditahan bersama beberapa pejabat FIFA lainnya oleh kepolisian Swiss bersama badan infestigasi federal Amerika Serikat (FBI) di Zurich, akhir Desember lalu.

Jaksa penuntut umum pengadilan Amerika Serikat mengatakan, pria berusia 64 tahun itu telah melakukan persekongkolan dan menerima uang senilai ratusan ribu dolar Amerika Serikat dalam kasus suap.

Di antara kasus suap tersebut adalah upayanya memuluskan pertandingan di turnamen besar seperti Concacaf Gold Cup dan Liga Champions. Itu termasuk pula suap untuk memudahkan timnas Honduras di kualifikasi Piala Dunia 2014, 2018, dan 2022.

Hawit kemungkinan akan divonis hukuman 20 tahun penjara untuk setiap kasus yang didakwakan kepadanya. Ia juga setuju untuk mengembalikan uang hasil suap senilai 950 ribu dolar Amerika Serikat ke FIFA.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : ME Gunawan
Sumber : Guardian