• News

  • Bola

Liverpool Desak FIFA Beri Putusan soal Matip

Joel Matip dan Juergen Klopp
Joel Matip dan Juergen Klopp

LIVERPOOL, NETRALNEWS.COM – Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mendesak otoritas sepakbola tertinggi di dunia, FIFA, memberikan penjelasan dan keputusan soal eligibilitas beknya asal Kamerun, Joel Matip.

Menjelang laga big-match menghadapi Manchester United, Minggu (15/1/2017), Klopp terpaksa mencoret nama Matip dari skuat menyusul belum adanya lampu hijau dari FIFA. Sebabnya, meskipun telah mengundurkan diri dari level internasional pada 2015, Matip kembali dipanggil pelatih Kamerun Hugo Broos ke dalam skuat yang bertanding di ajang Piala Afrika 2017.

Matip sendiri telah menegaskan posisinya jauh-jauh hari sebelum turnamen dimulai. Akan tetapi, meskipun Kamerun telah menetapkan skuat resmi di Piala Afrika—tanpa nama Matip—Liverpool tak kunjung menerima kejelasan dari FIFA.

“Pemahaman kami adalah Joel telah pensiun dari level internasional. Liverpool telah melakukan segala upaya untuk membuat segalanya jadi jelas. Akan tetapi, sampai saat ini, kami tidak menerima respon yang memungkinkan kami 100 persen yakin ia dapat dimainkan,” ujar Klopp.

“Jujur saja, dengan kondisi seperti ini, situasinya membuat kami frustasi. Ia telah berlatih kembali bersama kami dan dapat kami masukkan dalam skuat. Tapi, kami tidak bisa melakukan apa-apa dan harus menunggu keputusan yang jelas (dari FIFA). Kami tidak ingin mengambil risiko,” tegas Klopp sebelum laga lawan MU.

“Sekarang ini, kami menuntut jawaban secepat mungkin, mengingat pada hari Rabu kami akan bertanding di ajang FA Cup. Lalu, setelah itu, ada lagi pertandingan dan partai lainnya. Artinya, kami tidak dapat menunggu lebih lama. Persoalan ini telah menjadi konsumsi publik. Lagipula, tidak hanya kami yang mendapat masalah seperti ini,” tambah Klopp.

Selain Liverpool, West Bromwich Albion pun mendapati masalah serupa terkait rekan Matip di Kamerun, bek kanan Allan Nyom, yang absen dalam dua laga terakhir karena belum ada klarifikasi dari FIFA.

Editor : ME Gunawan
Sumber : Telegraph