• News

  • Bola

Mantan Striker Mesir Masuk Daftar Teroris

Mohamed Aboutrika
Mohamed Aboutrika

KAIRO, NETRALNEWS.COM – Pemerintah Mesir, lewat pengadilan, secara resmi mencantumkan nama mantan bomber The Pharaohs, Mohamed Aboutrika, ke dalam daftar teroris. 

Aboutrika dituding mendanai Muslim Brotherhood atau Ikhwanul Muslimin (IM), organisasi yang dikategorikan sebagai teroris pada akhir 2013. Adalah pengacara Aboutrika, Mohamed Osman, yang melansir kabar tersebut. 

Pada 2015 lalu, komite bentukan Pemerintah Mesir membekukan aset Aboutrika—mantan striker Al Ahly yang mengundurkan diri dari panggung internasional pada Desember 2013. Sebabnya, Aboutrika, 38 tahun, ditengarai menjadi salah satu penyandang dana IM.

Sesuai dengan hukum anti-teror yang diberlakukan pada 2016 oleh Presiden Abdel Fattah al-Sisi, setiap orang yang masuk dalam daftar teroris bakal dicegah bepergian ke luar negeri dimana paspor dan asetnya pun dibekukan.

Bukan rahasia bagi publik Mesir, Aboutrika—pencetak 38 gol dari 100 partai internasional—adalah pendukung Mohamed Morsi, Presiden Mesir pertama yang dipilih secara demokratis pada 2012 lalu. Namun, setahun kemudian Morsi dikudeta. 

Pengacara Menurut Osman, keputusan pengadilan Mesir tersebut “bertentangan dengan hukum”, seraya menyebut kliennya “tidak pernah dihukum atau mendapat pemberitahuan resmi terkait tuduhan yang dialamatkan padanya”.

“Kami akan mengajukan banding. Jika ia dimasukkan dalam daftar teroris, maka banyak konsekuensi hukumnya, utamanya dilarang bepergian,” tegas Osman.

Editor : ME Gunawan
Sumber : AS