• News

  • Bola

Lagi, Invasi Taipan Tiongkok di Liga Premier

Taipan Tiongkok, Gao Jisheng, yang kini menjadi pemilik saham terbesar Southampton (reuters)
Taipan Tiongkok, Gao Jisheng, yang kini menjadi pemilik saham terbesar Southampton (reuters)

SOUTHAMPTON, NETRALNEWS.COM – Pemilik Southampton asal Swiss, Katharina Liebherr, memberi konfirmasi resmi soal penjualan 80 persen saham miliknya kepada taipan Tiongkok, Gao Jisheng, dalam deal senilai £ 210 juta atau sekitar Rp 3,675 triliun.

Sejak tahun lalu, perusahaan yang dikendalikan Gao, Lander Sports, disebut-sebut siap mengakuisisi The Saints. Namun, ternyata, hanya keluarga Gao yang kini tampil di depan. Diyakini, keputusan Gao tak lepas dari keinginannya untuk segera menyelesaikan proses pembicaraan takeover yang telah memakan waktu selama 12 bulan.

Pada November 2016, kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan setelah enam minggu keluarga Gao mendapat hak eksklusif melakukan due and diligence. Dengan penjualan tersebut, saham Katharina kini tinggal tersisa 20 persen.

Southampton sendiri sangat yakin keluarga Gao dapat terus melanjutkan progres yang telah dilakukan selama ini oleh manajemen Liebherr yang mampu mempertahankan posisi klub di kancah Liga Premier sejak 2012 lalu.

Dengan demikian, Southampton menjadi klub kedua Liga Premier yang dimiliki (minimal sebagian besar sahamnya) oleh taipan Tiongkok. Yang pertama, adalah West Bromwich Albion yang pada September 2016 diakuisisi pengusaha Guochuan Lai. 

Sementara, di klub-klub premiership lainnya, para pengusaha Tiongkok hanya mendapatkan saham minoritas, seperti 13 persen saham Manchester City yang dimiliki investor Tiongkok.

Editor : ME Gunawan
Sumber : Guardian