• News

  • Bola

Gulung Malta, Inggris Mantapkan Posisi di Puncak Klasemen

Selebrasi gol Harry Kane ke gawang Malta (fifa)
Selebrasi gol Harry Kane ke gawang Malta (fifa)

TA’QALI, NETRALNEWS.COMInggris membuat langkah penting demi mengamankan posisinya guna merebut tiket otomatis menuju putaran final Piala Duni 2018. Di matchday ketujuh penyisihan Grup F Zona Eropa yang berlangsung di National Stadium, Ta’qali, Jumat (1/9/2017) malam waktu setempat, Inggris menggulung tuan rumah dengan skor telak 4-0 (0-0).

Meski menang dengan skor besar, sejatinya Tiga Singa sempat dibuat frustasi dengan rapatnya lini pertahanan Malta. Di menit keempat, peluang emas Harry Kane dengan gemilang dapat ditepis kiper Andew Hogg. 

Di menit ke-21, gawang Malta jebol. Namun, gol Phil Jones dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap kiper Hogg. Meski bertubi-tubi melakukan gempuran, Inggris gagal mengkreasi peluang berarti sampai turun minum tiba.

Mengantisipasi kemandulan timnya, pelatih Gareth Southgate memasukkan Marcus Rashford di awal babak kedua. Inggris terus menyerang. Namun, justru di menit ke-50, Malta nyaris membuat Inggris terkejut ketika kapten Andre Schemberi melepaskan tembakan keras dari jarak 22 meter. Sayang, arahnya masih melebar.

Tiga menit berselang, Inggris memecahkan kebuntuan lewat gol Harry Kane yang menerima umpan akurat dari rekannya di Tottenham Hotspur, Dele Alli. Skor 0-1. Malta sempat berpeluang menyamakan kedudukan empat menit kemudian ketika sepakan Magri tipis melenceng dari sasaran.

Setelah peluang Rashford dapat digagalkan kiper Hogg, memasuki 20 menit terakhir, Inggris memasukkan berturut-turut Jamie Vardy dan Danny Welbeck. Tekanan Inggris kian terasa.

Dan, dalam interval 7 menit terakhir, Inggris mampu mencetak 3 gol tambahan melalui gol spektakuler Ryan Bertrand di menit ke-85, sontekan Welbeck di menit pertama injury time dan sepakan Kane semenit kemudian. Skor akhir 0-4 untuk Inggris.

Dengan kemenangan untuk kelima kalinya ini, Inggris mengokohkan posisinya di puncak klasemen dengan jumlah 17 poin atau tetap unggul 3 angka dari rival terdekat Slovakia yang pada saat bersamaan unggul 1-0 dari Slovenia berkat gol telat Adam Nemec di menit ke-84.

Editor : ME Gunawan
Sumber : ESPN