• News

  • Cantik & Gaya

Kata Ahli, Begini Cara Membersihkan Kulit Wajah yang Tepat untuk Pria

Ilustrasi.
Istimewa
Ilustrasi.

JAKARTA, NNC - Tak hanya kaum hawa, kebersihan kulit wajah kini juga menjadi perhatian kaum adam. Hal ini tidak lepas dari keinginan untuk memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Nah, pertanyaan kemudian mencuat, sebenarnya bagaimana cara membersihkan kulit wajah yang tepat bagi para pria? 

Terkait hal itu, Ahli Dermatologi, dr R. Roger Aruan Sp.KK, mengatakan bahwa cara tepat untuk membersihkan kulit wajah pria adalah dengan mencuci muka menggunakan sabun sebanyak dua hingga tiga kali. Cara ini dilakukan untuk membersihkan muka dari kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah, terlebih bagi mereka yang memang memiliki aktivitas segudang. 

Lebih lanjut, dr. Roger mengungkapkan bahwa sabun yang baik untuk membersihkan wajah adalah sabun yang mengandung daya pembersih yang aman serta memiliki zat aktif yang sanggup mencegah kerusakan kulit. 

Dan salah satu kandungan yang wajib ada dalam sabun pembersih wajah pria adalah charcoal atau arang. "Cara kerjanya seperti busa, menyerap (minyak). Makanya banyak dipakai untuk medis dan sekarang berkembang ke kesehatan kulit," ungkap dr. Roger, dalam peluncuran produk Nivea Men, di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Kendati demikian, sebelum memilih sabun untuk pembersih wajah, dr. Roger menyarankan agar tetap mengenali kulit wajah sendiri. Hal ini mengingat kulit setiap pria berbeda-beda. 

"Harus kenali dulu kulit dan produk. Karena tidak semua pembersih wajah aman untuk kulit, terkadang saking efektifnya malah membuat kulit rusak," pungkas dr. Roger menyarankan. 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Nazaruli