• News

  • Cantik & Gaya

Pria Juga Perlu Perawatan Kulit, Ini Alasannya

Ilustrasi
FMT
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dr Yuda Ilhamsyah Yusuf Djemat Sp KK mengatakan, pria juga perlu melakukan perawatan kulit, pasalnya kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia sehingga perlu dirawat. Perawatan kulitperlu dilakukan, salah satunya agar meningkatkan kepercayaan diri yang berdampak pada meningkatnya kualitas hidup.

Namun perlu disadari bahwa perawatan kulit pada pria memang harus dibuat mudah dan sederhana. Upaya ini perlu disediakan seiring meningkatnya kesadaran pria terhadap kesehatan dan perawatan kulit di sebagian kalangan pria.

"Pria perlu melakukan perawatan kulit. Secara umum, ketebalan kulit pria lebih tebal dibanding kulit wanita. Ketebalan kulit ini bervariasi, dipengaruhi suku, ras, etnis dan genetik. Pori-pori pada pria juga lebih besar," jelas Dr Yuda pada Netralnews, baru-baru ini di Jakarta.

Selain ketebalan kulit, rambut pada tubuh dan wajah pada pria juga perlu perhatian. Pasalnya folikel rambut terdapat pada seluruh tubuh, kecuali telapak tangan dan kaki, pertumbuhan rambut di area ketiak, pubis, dan wajah yang dipengaruhi hormon androgen.

Massa otot dan lemak secara umum, pria Iebih berotot daripada wanita. Wanita lebih banyak menyimpan lemak bawah kulit di daerah bokong dan paha, sedangkan pria di daerah perut.

Pria juga perlu melakukan perawatan karena ada pengaruh kelenjar keringat. Kelenjar keringat ditemukan hampir di seluruh tubuh. Paling banyak di telapak tangan-kaki dan ketiak dan sedikit terkonsentrasi di punggung.

"Terkait kerentanan terhadap penyakit, apabila pada pria akan berpotensi penyakit infeksi. Sedangkan pada wanita, potensinya asalah autoimun dan inflamasi," tegas dia.

Dr Yuda juga membangikan tips dan saran perawatan kulit pada pria yakni memilih produk perawatan wajah sesuai jenis kulit. Bagi kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan produk non comedogenic dan oil free, sedangkan bagi kulit sensitif disarankan gunakan hipoalergenik dan fragrance free.

"Bersihkan juga wajah dengan teratur menggunakan air hangat dan cleanser yang sesuai. Gunakan juga pelembab secara rutin agar menjaga hidrasi kulit sehingga cerah dan muda," imbau Dr Yuda

Pelembab kulit, kata Dr Yuda, bisa digunakan sesaat setelah mandi, saat kulit masih sedikit basah. Dianjurkan juga periksa kulit secara berkala dan kunjungi dokter kulit apabila terdapat bercak, benjolan, atau tahi lalat yang gatal/ berdarah/berubah warna.

"Gunakan juga sunscreen saat aktivitas luar. Itu bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Ulangi penggunaan tiap 4-5 jam sekali," imbau Dr Yuda.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?