• News

  • Cantik & Gaya

Berapa Lama Wajah Boleh Menggunakan Full Make Up?

Ilustrasi
dok.healthy
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda berprofesi sebagai teller bank, pramugari, atau profesi lain yang mengharuskan penggunaan full make up sehari-hari? Jika ya, Anda harus memperhatikan imbauan dari pakar, dr Conny Melly Rosdiana SpKK, agar kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kulit yang tidak diinginkan.

Menurut dr Conny, durasi penggunaan full make up yang paling aman adalah empat jam. Setelah empat jam berlalu, wajah diimbau untuk dibersihkan dan apabila masih jam kerja, maka bisa diulang penggunaan make up kembali.

"Jadi kalau harus full make up nanti diulang lagi dan bersihkan dulu, lalu pakai lagi (make up). Jadi yang terpenting adalah double cleansing dan harus benar-benar bersih," kata dr Conny pada Netralnews baru-baru ini di Jakarta.

Tidak hanya saat jam kerja, diimbau dr Conny apabila sesampainya di rumah, wajah juga dipastikan harus benar-benar bersih sebelum tidur.

Pada dasarnya untuk mendapatkan kulit sehat di berbagai kesempatan, dr Conny katakan harus menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Pola makan sehat bagi kulit dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, cukup minum air putih, olahraga secara rutin, cukup istirahat, mengurangi stres.

"Stress bisa rangsang hormon pembentukan minyak dan jerawat pada wajah. Selain itu, stress juga bisa rangsang faktor peradangan dan bisa akibatkan peradangan baru pada kulit yang sedang radang sebelumnya," jelas dr Conny.

Selain menjaga kebersihan wajah dan kelola stres, diimbau dr Conny untuk menghindari konsumsi rokok dan alkohol. Pastikan pula kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung, serta melakukan perawatan kulit secara teratur.

"Bisa pilih make up yang less komedogenik selain itu tidur yang cukup. Ketika tidur, kulit sedang melakukan reparasi atau regenerasi," kata dokter yang praktik di klinik Bamed Skin Care Ini.

Saat tidur juga dijelaskan ada aktivitas rangsang kolagen, yaitu salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Apabila aktivitas kolagen dihambat dengan kurang tidur, maka dapat hancurkan kolagen. Hancurnya kolagen bisa berdampak pada timbulnya keriput dan lingkar hitam di bawah mata.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya