• News

  • Cantik & Gaya

Tak Perlu ke Salon, Begini Cara Mudah Perkecil Pori-Pori

 Memperkecil pori-pori wajah dengan mudah di rumah.
Beauty
Memperkecil pori-pori wajah dengan mudah di rumah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setiap perempuan pasti mendambakan punya kulit muka yang halus, mulus serta terbebas dari jerawat.

Semakin bertambahnya umur pori-pori di wajah akan semakin membesar. Pori-pori wajah yang besar pada wajah akan beresiko timbulnya jerawat dan komedo.

Hal ini akan sedikit mengganggu penampilan seorang perempuan karena terlihat lebih tua. Berikut mengecilkan pori-pori dengan bahan alami, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Es Batu
Es batu tidak hanya digunakan sebagai pencampur minuman seperti juice, teh, kopi dan aneka minuman lainnya  ternyata es batu juga berkhasiat untuk kecantikan.
Es batu ini bisa digunakan untuk memperkecil pori-pori di wajah kita, caranya bersihkan wajah terlebih dahulu setelah itu oleskan es batu ke wajah secara perlahan, lakukan secara rutin. Es batu juga bisa menyegarkan wajah kita.

2. Buah Tomat
Buat tomat  tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Caranya Blender atau haluskan tomat, setelah tomat halus oleskan ke wajah diamkan seperti memakai masker diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air hangat setelah itu bilas dengan air dingin, air dingin bisa menambah kesegaran wajah anda.

3. Mentimun
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B, dan C serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silica membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Caranya : Haluskan mentimun dengan blander atau bisa juga diparut, setelah mentimun halus oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit kemudian dengan air hangat.

4. Lemon
Lemon mengandungan vitamin C sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Caranya pemotong lemon tipis-tipis kemudian tempelkan irisan lemon tadi ke wajah. Selain mengecilkan pori, lemon juga bisa mengencangkan kulit anda.

5. Madu
Madu tidak hanya dikenal untuk menghaluskan kulit dan sebagai pelembab, madu juga bisa digunakan untuk memperkecil pori-pori. Caranya oleskan madu secara merata ke wajah sambil dipijat secara lembut dan diamkan selama 15 menit, kemuadian bilas dengan air hangat.

6. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Yang akan berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis diyakini sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Caranya belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya, oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah, diamkan selama 15 menit, bilas wajah Anda dengan air bersih.

 Inilah beberapa cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah, semoga cara ini bisa membantu memperkecil pori-pori wajah, selamat mencoba.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani