• News

  • Editor's Note

Politik ‘Dua Kaki‘ Partai Demokrat: Siapkan AHY di 2024?

Presiden Jokowi bersama Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Istimewa
Presiden Jokowi bersama Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

Berita Terkait

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, seharusnya apapun yang menjadi keputusan pimpinan pusat Partai Demokrat mengikat bagi struktur atau pimpinan di bawahnya.

"Logikanya kalau ada keputusan yang diambil DPP pasti mengikat," kata Fadli Zon, di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Kendati demikian, Fadli memang tidak mau terlibat lebih dalam terkait sikap sebagian kader Partai Demokrat yang menolak mendukung Prabowo-Sandi.

"Karena setiap partai punya kebijakan sendiri untuk menentukan arah tujuan termasuk kepatuhan di dalam meneruskan kebijakan partainya," katanya.

Namun, Fadli menambahkan, bahwa Partai Demokrat adalah partai yang tetap komitmen pada keputusan bersama yaitu mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

"Saya yakin ujungnya akan sama-sama mendukung,"katanya.

Bahkan, Ketua Umum PAN Zulkifli yakin jika Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukanlah sosok yang demikian.

"Waduh Pak SBY enggak begitu. Saya kan mantan menterinya, enggak gitu," ungkap Zulkifli ditemui awak media di Senayan, Rabu (12/9/2018).
 
Namun, tambah Zulkifli, SBY memang saat ini sedang bermain 'dua kaki' dengan partai koalisi di Pilpres 2019.

"Memang dua kaki, tapi satu di Pak Prabowo, satu di Sandi," katanya.

Sebelumnya, Partai Demokrat melalui Ketua DPP bidang Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut, setidaknya ada empat provinsi yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Dua provinsi yang paling signifikan memberi suara kepada Jokowi adalah Papua dan Sulawesi Utara.

Sehingga, apakah strategi politik yang sedang 'dimainkan' Partai Demokrat akan berujung pada kesuksesan pada kontestasi Pileg dan Pilpres 2019? Apakah langkah AHY akan mulus di Pilpres 2024? Hanya waktu yang akan berbicara.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya