• News

  • Editor's Note

Pandemi Covid-19 di Asia Tenggara, Sementara Malaysia Tertinggi

Ilustrasi sebaran pandemi corona di dunia
foto: asiatoday
Ilustrasi sebaran pandemi corona di dunia

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Thailand melaporkan 143 kasus baru virus corona sehingga jumlah total kasus sejak wabah terdeteksi di negara itu menjadi 1.388, kata juru bicara Pusat Situasi COVID-19 (CCSA) pemerintah pada Minggu (29/3/2020), yang menyampaikan informasi harian terbaru.

Negara ini juga mencatat satu kematian baru, sehingga total kematian sejak wabah menjadi tujuh orang.

Korban terakhir adalah seorang pria berusia 68 tahun dari Provinsi Nonthaburi yang telah menghadiri pertandingan tinju yang ramai di Bangkok di mana diketahui terdapat kelompok infeksi, kata juru bicara CCSA, Taweesin Wisanuyothin.

Pihak berwenang Thailand telah memberlakukan karantina wilayah di provinsi selatan yaitu Pattani, Yala dan Narathiwat, sementara pihak berwenang di pulau resor Phuket telah meminta orang untuk tinggal di rumah antara jam 8 malam hingga 3 pagi dalam kebijakan pembatasan baru pada gerakan untuk membendung penyebaran virus corona.

Sementara itu di negara tetangga Thailand, Kementerian Kesehatan Filipina pada Minggu melaporkan 343 kasus baru virus corona, yang menandai peningkatan infeksi harian terbesar di negara itu, dan tiga kematian tambahan.

Filipina melaporkan jumlah total infeksi yang diketahui di negara itu menjadi 1.418 kasus sementara jumlah kematian telah mencapai 71 orang, katanya.

Tujuh pasien lagi telah pulih, sehingga jumlah total pasien yang pulih menjadi 42 orang.

Dilansir Reuters, di hari yang sama, Malaysia melaporkan 150 kasus baru virus corona yang menjadikan jumlah total kasus di negara itu adalah 2.470 kasus, yang tertinggi di Asia Tenggara.

Jumlah kematian akibat wabah virus naik tujuh menjadi 34 kasus, kata kementerian kesehatan.

Kondisi Indonesia per 29 Maret 2020

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat hingga Sabtu (29/3/2020), total positif COVID-19 di Indonesia sebanyak 1.285 kasus, sementara 64 orang sembuh dan 114 meninggal dunia.

"Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 130 kasus baru. Sehingga total menjadi 1.285 positif. Penambahan kasus positif ini menggambarkan masih ada penularan di tengah masyarakat," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB di Jakarta, yang disiarkan secara daring, Minggu (29/3/2020).

Dijelaskan, pasien yang sembuh bertambah 5 kasus, sementara yang meninggal bertambah 12 kasus. Sebelumnya pada Sabtu (28/3), tercatat 1.155 kasus positif COVID-19, 102 orang meninggal dan 59 orang sembuh.

Data tersebut merupakan pembaruan yang dilakukan sejak Sabtu (28/3) pukul 12.00 WIB, hingga Minggu (29/3), pukul 12.00 WIB.

Gugus Tugas merincikan data positif COVID-19 di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh lima kasus, Bali 10 kasus, Banten 106 kasus, Yogyakarta 22 kasus, DKI Jakarta 675 kasus.

Selanjutnya di Jambi satu kasus, Jawa Barat 149 kasus, Jawa Tengah 63 kasus, Jawa Timur 90 kasus, Kalimantan Barat delapan kasus, Kalimantan Timur 17 kasus, Kalimantan Tengah tujuh kasus, Kalimantan Selatan satu kasus dan Kalimantan Utara dua kasus.

Kemudian di Kepulauan Riau lima kasus, NTB dua kasus, Sumatera Selatan dua kasus, Sumatera Barat lima kasus, Sulawesi Utara dua kasus, Sumatera Utara delapan kasus, Sulawesi Tenggara tiga kasus.

Selain itu tercatat 47 kasus di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dua kasus, Lampung empat kasus, Riau dua kasus, Maluku Utara dan Maluku masing-masing satu kasus, Papua Barat dua kasus serta sembilan kasus positif di Papua. Demikian seperti dilansir Antara.

Editor : Taat Ujianto