• News

  • Ekonomi Makro

Hartadinata Abadi Luncurkan Tema “Dari Hartadinata Untuk Indonesia”

Peluncuran Dri Hartadinata Untuk Indonesia, Jewelry Fair Surabaya
Istimewa
Peluncuran Dri Hartadinata Untuk Indonesia, Jewelry Fair Surabaya

SURABAYA, NETRALNEWS.COM – PT Hartadinata Abadi Tbk, produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia meluncurkan tema baru untuk rangkaian produk unggulan (signature product) perhiasan emasnya yang berjudul “Dari Hartadinata Untuk Indonesia”. 

Keseluruhan rangkaian produk unggulan ini merupakan hasil karya dari para desainer anak bangsa yang terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Indonesia. Tema baru ini diluncurkan dalam acara Jewelry Fair Surabaya.

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk menjelaskan, “Kami melihat alam dan budaya Indonesia sangat kaya, inilah yang menjadi inspirasi kami dalam meluncurkan tema “Dari Hartadinata untuk Indonesia”, rangkaian produk perhiasan emas dengan disain-disain lokal yang sangat unik yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat kita sendiri. Lebih jauh, ini merupakan persembahan Hartadinata Abadi sebagai perusahaan yang sudah berkiprah dalam industri perhiasan emas di Indonesia selama 27 tahun. Kami senantiasa ingin memberi yang terbaik melalui produk-produk unggulan yang dibangun dari perpaduan kualitas bahan, desain dan sentuhan keahlian para desainer produk kami.”

Lebih lanjut lagi Sandra Sunanto memaparkan, “Kami juga berbangga karena keseluruhan disain perhiasan emas unggulan kami dihasilkan oleh para desainer anak bangsa sendiri. Kualitas desain dan keindahan yang dihasilkan para desainer lokal, yang kebanyakan lulusan SMK ini, tidak kalah dengan desainer dari luar negeri, malahan mereka lebih bisa menangkap kearifan budaya sendiri.”

Dalam peluncuran koleksi baru tersebut hadir kepala disainer Muhammad Sigit Purnomo yang sudah mendisain perhiasan emas selama 7 tahun. Lulusan SMK dari Yogyakarta tahun 2007 ini sudah bekerja pada Hartadinata Abadi selama 7 tahun dan saat ini membawahi 20 desainer. Para desainer ini dapat menghasilkan 20 rancangan dalam 1 hari. 

Rancangan yang terpilih kemudian diaplikasikan untuk diproduksi dan dipasarkan. Selain menggunakan disain buatan tangan, Hartadinata Abadi juga menggunakan program CAD dan mesin printing 3D untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pra-produksinya, meminimalkan cacat pada produk jadi dan juga meminimalkan terbuangnya bahan baku dan jam kerja. 

Koleksi perhiasan bertema “Dari Hartadinata untuk Indonesia”, ini terdiri dari liontin, kalung, anting, gelang, cincin dengan disain unik yang terinspirasi dari flora dan fauna Indonesia seperti komodo, burung cendrawasih, loreng harimau, kehijauan hutan tropis; dan budaya Indonesia seperti motif batik parang, motif batik mega mendung, motif batik kawung, rumah adat Minangkabau, dan ukiran Jepara.

Dengan mengembangkan disain-disain perhiasan yang menghasilkan produk-produk yang memiliki keunikan tersendiri, PT Hartadinata Abadi Tbk akan terus meluaskan pasarnya. Perusahaan yang baru melakukan penawaran saham perdananya pada bulan Juni tahun ini memiliki cakupan pasar yang meliputi wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera (Palembang, Batam), Kalimantan dan Sulawesi (Makasar) dengan dukungan dari sekitar 600 toko-toko perhiasan emas yang tersebar di wilayah tersebut. 

Perusahaan juga bekerja sama dengan Matahari Department Store untuk meningkatkan daya saing dengan memasuki pasar-pasar baru dengan membuka saluran distribusi yang mudah diakses.

PT Hartadinata Abadi Tbk memiliki 3 kategori merk produk, yaitu toko emas ACC, yang menyasar pada kelas menengah bawah; Celine Jewelry yang menjual perhiasan emas dengan aksesori berlian – menyasar kelas menengah atas; dan Claudia Perfect Jewelry yang menyasar pada kelas menengah atas dengan menyediakan fashion jewelry dan cincin kawin. 

Industri perhiasan emas Indonesia merupakan sektor yang berpotensi dan tumbuh dengan pesat disebabkan pasar yang besar dan terus tumbuhnya industri ritel. Selain itu perhiasan emas menawarkan nilai investasi yang stabil. Kalangan menengah dan menengah-atas terus bertumbuh dengan kuat yang memberikan peluang besar bagi pertumbuhan perusahaan di masa depan. 

Hartadinata Abadi melaporkan laba bersih kuartal ketiga tahun 2017 sebesar Rp 95 milIar, naik 28,4 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2016, sebesar Rp75 miliar. Total pendapatan pada kuartal ketiga ini tumbuh 13,1 persen menjadi Rp 1,860 triliun dibandingkan periode sebelumnya. 

 

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Firman Qusnulyakin