• News

  • Ekonomi Makro

Kepala BPN Akui Generasi Milenial Sulit Mendapatkan Hunian Selain Skema TOD

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil
Sidomi
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan prediksi adanya keterbatasan cenderung ketiadaan rumah hunian bagi generasi milenial.

Apalagi, dengan pertumbuhan jumlah hunian yang berbanding lurus dengan kelahiran manusia sendiri. Namun, dia pun berharap hunian dengan skema Transit Oriented Development (TOD) menjadi solusi yang paling terkini.

"90 persen generasi milenial ini potensial homeless (tidak memiliki rumah). Persoalan ini harus kita atasi. TOD ini harusnya bisa mengatasi masalah ini," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ATR, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Sofyan menuturkan dengan memakai TOD sejalan dengan pembangunan infrastruktur pemerintah saat ini. Salah satunya, pengembang Light Rail Transit (LRT) hingga Mass Rapid Transportation (MRT).

"TOD ini penting capture added value yang tercreate pemerintah. MRT, LRT bagaimana stasiun-stasiun itu bisa buat TOD. Jadi mereka enggak perlu menghabiskan berjam-jam jam dijalan. Habisnya uang terbakar dijalan performa lebih terganggu, sedikit masalah bisa berantem. Itu semua bisa terhindari," jelasnya.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin